Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Tahukah kamu, mengapa seseorang menulis surat pribadi? Seperti yang kita tahu, surat pribadi adalah salah satu dari sekian banyak jenis surat yang dikenal sekarang ini. Surat ini ditulis oleh seseorang sebagai pribadi dan merupakan bentuk komunikasi tertulis kepada orang lain. Jadi, orang tersebut bukan utusan atau wakil yang berkaitan dengan kedinasan/kelembagaan/resmi, melainkan mewakili pribadinya sendiri.

Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Oleh karena itu, surat pribadi berbeda dengan surat resmi yang menggunakan bahasa yang baku dan pola yang jelas. Di samping itu, surat pribadi penting juga memperhatikan hal-hal di luar aturan kebahasaan bahasa Indonesia, seperti sopan santun atau tata etika dalam bersurat, khususnya ketika menulis surat pribadi kepada orang yang baru dikenal atau orang yang lebih dewasa.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai mengapa seseorang menulis surat pribadi. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca lebih memahami mengapa sehingga seseorang itu menulis surat pribadi.

Mengapa seseorang menulis surat pribadi

Biasanya, ada tujuh alasan yang mendasari seseorang sehingga ia menulis surat pribadi. Alasan tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Mengundang seseorang

Seseorang menulis surat pribadi kepada orang lain biasanya untuk mengundang orang tersebut datang ke acara tertentu yang bersifat kekeluargaan atau pertemanan. 

2. Mengajukan Permohonan

Mengajukan permohonan juga bisa menjadi alasan mengapa sehingga seseorang menulis surat pribadi. Permohonan tersebut bisa berupa barang maupun informasi.

3. Menjawab Undangan

Surat pribadi juga bisa dituliskan seseorang untuk menjawab undangan dari orang lain. Penulisan tersebut untuk menjawab isi undangan yang telah diterima sebelumnya sebagai bentuk konfirmasi bahwa orang tersebut telah membaca undangannya.

4. Merencanakan Sesuatu

Seseorang juga menuliskan surat pribadi bertujuan untuk merencanakan sesuatu dan rencana tersebut diberitahukan kepada orang lain melalui surat pribadi.

5. Untuk memohon maaf

Alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi bisa juga sebagai pernyataan permohonan maaf yang ditujukan kepada orang lain. Mungkin, sebelumnya telah terjadi kesalahan, sehingga dianggap perlu untuk meminta maaf. Permohonan maaf ini bisa dilakukan dengan surat.

6. Mengucapkan selamat

Surat pribadi juga bisa ditulis dengan tujuan untuk mengucapkan selamat kepada orang lain, atau bisa juga untuk mengucapkan simpati/empati atas musibah yang dialami oleh orang lain.

7. Mengucapkan terima kasih

Alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi bisa juga bertujuan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa seseorang menulis surat pribadi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment