Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Pengertian Iman Kepada Malaikat

Bisakah kamu jelaskan pengertian iman kepada malaikat? Seperti yang kita tahu, malaikat adalah makhluk Allah yang wajib diimani. Meskipun wujudnya tak kasat mata, tetapi kita wajib percaya bahwa malaikat itu ada. Ada banyak ayat yang menjelaskan tentang keberadaan malaikat dan tugas penciptaannya. Menurut riwayat, jumlah sangat banyak, tetapi tidak ada yang tahu jumlah pastinya. Ia menjalankan segala urusan yang diperintahkan Allah kepadanya.

Jelaskan Pengertian Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua dari enam rukun iman dalam Islam. Itulah sebabnya mengapa sehingga muslim wajib meyakininya. Iman dianggap tidak lengkap jika menafikan keberadaan malaikat. Wujudnya termasuk salah satu perkara gaib yang tidak tertangkap pancaindera manusia. Tetapi, kadang-kadang ia menampakkan diri kepada seseorang yang dikehendakinya, contohnya Nabi dan Rasul.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian iman kepada malaikat. Semoga setelah membaca uraian ini, kualitas keimanan kita kepada malaikat semakin bertambah.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan menyakini adanya malaikat sebagai makhluk dan pesuruh Allah, lengkap dengan nama, tugas, dan sifat mereka. Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang diciptakan dari cahaya. Dalam Islam, mempercayai keberadaan malaikat hukumnya wajib karena bagian dari rukun iman. Seorang muslim harus percaya sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan malaikat, dalam jumlah yang banyak dengan tugasnya masing-masing, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits Nabi Muhammad Saw, yang artinya:
"Berimanlah kepada Allah, kepada malaikat-malaikat, kepada kitab-kitab, kepada rasul, kepada hari kemudian, dan kepada takdir, yang baik dan yang buruk,"

Nama dan Tugas Malaikat

Berikut ini nama beberapa malaikat Allah dan tugasnya:
  • Jibril bertugas menyampaikan wahyu
  • Mikail bertugas menurunkan rezeki
  • Israfil bertugas meniup sangkakala
  • Izrail bertugas mencabut nyawa
  • Munkar bertugas bertanya di alam kubur
  • Nakir bertugas bertanya di alam kubur
  • Raqib bertugas mencatat amal baik
  • Atid bertugas mencatat amal buruk
  • Malik bertugas menjaga neraka
  • Ridwan bertugas menjaga surga 

Sifat-Sifat Malaikat

Sifat-sifat malaikat antara lain sebagai berikut:
  1. Malaikat memiliki sifat mulia
  2. Selalu taat kepada Allah, 
  3. Tidak memiliki nafsu, 
  4. Bersalawat pada nabi, 
  5. Tidak berjenis kelamin, 
  6. Tidak makan dan tidak minum, 
  7. Selalu memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman, 
  8. Tidak mempunyai ayah dan ibu, dan 
  9. Tidak pernah lelah dan tidur. 
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Iman Kepada Malaikat. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Pengertian Iman Kepada Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment