Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] 4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

Tahukah kamu, 4 dasar pembentukan kelompok sosial? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami berikan jawabannya dalam uraian kali ini. Dalam ilmu sosiologi, terdapat istilah yang dinamakan kelompok sosial. Kelompok ini terbentuk setelah terjadinya pertemuan antara individu yang satu dengan individu yang lain. Jika pertemuan tersebut terdiri dari interaksi, seperti komunikasi, kerja sama, kontak, asimilasi, akomodasi, dan akulturasi, makan akan menghasilkan kelompok sosial.

4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

Oleh karena itu, secara sederhana kelompok sosial dapat didefinisikan sebagai kumpulan orang-orang yang memiliki kesadaran berasama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Keinginan untuk membentuk kelompok sosial ini menjadi dua hasrat pokok manusia sejak dilahirkan, yaitu menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya dan menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya. 

Pertanyaannya kemudian adalah apa dasar pembentukan kelompok sosial tersebut? Nah, uraian berikut ini akan menjelaskan secara lengkap 4 dasar pembentukan sebuah kelompok sosial. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengetahui dasar-dasar pembentukan tersebut.

4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

Ada 4 hal yang menjadi dasar pembentukan sebuah kelompok sosial. 4 hal tersebut antara lain, sebagai berikut:

1. Faktor Darah (Common Ancestry)

Kelompok sosial dapat dibentuk atas dasar kesamaan darah atau keturunan.

2. Faktor Geografis

Faktor geografis juga dapat menjadi dasar pembentukan kelompok sosial. Orang-orang yang sering berkumpul di suatu tempat akan mudah terjalin komunikasi yang intens yang secara perlahan membangun ikatan. 

3. Faktor Kepentingan (Common Interest)

Dasar pembentukan kelompok sosial juga karena adanya faktor kepentingan. Terdapatnya kesamaan kepentingan sangat memungkinkan untuk membentuk kelompok sosial, seperti: kelompok seniman, kelompok intelektual, dan lain-lain.

4. Faktor Daerah Asal

Daerah asal juga dapat menjadi dasar pembentukan kelompok sosial. Apabila seorang individu yang tinggal di suatu tempat kemudian bertemu dengan individu lain yang berasal dari daerah kelahiran yang sama sangat mungkin mendorong terbentuknya kelompok sosial.

Demikianlah penjelasan tentang 4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] 4 Dasar Pembentukan Kelompok Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment