Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam Disebut?

Apa nama otot yang terdapat pada organ dalam? Umum dipahami bahwa tubuh manusia tersusun oleh kumpulan otot. Sekitar 40% dari berat tubuh manusia adalah berat dari otot. Otot berfungsi untuk memberi tenaga pada gerakan dan memungkinkan kita mempertahankan sikap tubuh, seperti mengangkat tangan atau berdiri.

Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam

Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam

Semua otot dalam tubuh manusia berkerja dengan cara yang sama, yaitu berelaksasi (mengendur) dan berkontraksi (meregang). Otot dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu otot sadar dan otot tak sadar. Otot sadar disebut juga dengan otot rangka, yaitu otot yang bergerak atas keinginan kita. Otot ini melekat pada tulang berkat adanya pita-pita jaringan kuat berserabut (tendon).

Sementara itu, otot tak sadar adalah otot yang bisa bergerak tanpa kita sadari. Otot jenis ini yang terdapat pada jantung, pembuluh darah, dan organ dalam lainnya. Otot pada organ dalam inilah yang akan kami uraian dalam materi kali ini. Yuk, berikut ini pembahasannya:

Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam 

Otot yang menyusun organ dalam tubuh manusia disebut otot polos atau otot viseral. Otot ini terdapat pada organ-organ dalam, seperti di sistem pencernaan, pembuluh daerah, saluran kencing, dan saluran pernapasan. Otot polos tidak dikendalikan oleh sistem saraf pusat sehingga otot polos bekerja di luar kesadaran.

Bentuk dari otot polos seperti gelendong dengan satu inti yang berada di tengah. Otot polos bekerja di luar kesadaran kita karena otot ini tidak dikendalikan oleh sistem saraf pusat. Bahkan, pada saat kita tidur, otot ini tetap bekerja. Gerakan otot polos cenderung lambat, tetapi tidak cepat lelah dan teratur.

Berdasarkan uraian di atas, maka ciri-ciri dari otot polos, yaitu:
  • Terdapat pada orang dalam tubuh
  • Tanggapan terhadap rangsang lambat, tetapi tidak mudah lelah
  • Bekerja di luar kesadaran.
  • Tidak terdapat berkas gelap terang
  • Satu inti satu sel
Demikianlah penjelasan tentang Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. 
[Jawaban] Otot Yang Terdapat Pada Organ Dalam Disebut? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment