Learn Science With Ilmusiana

3+ Fungsi Tulang Jari Tangan Manusia (Gambar Lengkap)

Apa fungsi tulang jari tangan pada manusia? Sebagaimana yang diketahui, terdapat 206 tulang yang menyusun sistem rangka manusia. Rangka tersebut berfungsi untuk menguatkan atau menopang tubuh supaya dapat berdiri tegak. Selain itu, ada juga tulang yang bertugas sebagai alat gerak manusia. Salah satu dari tulang tersebut adalah tulang pada jari-jari tangan. Kita bisa meraih atau memegang benda karena adanya tulang ini.

Fungsi Tulang Jari Tangan

Fungsi Tulang Jari Tangan Manusia

Tulang jari tangan penting untuk diketahui agar kita dapat memahami bagaimana cara tulang ini bekerja. Ada satu bidang ilmu yang kajiannya khusus mempelajari tentang tulang, disebut osteologi. Salah satu fokus pembahasan dalam spesifikasi ilmu tersebut adalah tulang jari tangan yang menjadi tulang anggota gerak manusia.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengetengahkan materi tentang fungsi tulang jari tangan manusia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tulang jari tangan semakin bertambah. Yuk, berikut ini pembahasannya:

Tulang Jari Tangan

Tulang pada jari tangan disebut juga dengan phalanges. Tulang ini termasuk ke dalam jenis tulang pipa karena bentuknya panjang, bulat, dan bagian tengahnya berongga. Pada bagian ujung tulang jari tangan terdapat perluasan yang berfungsi untuk menghubungkan dengan tulang lain. Tangan manusia memiliki 5 jari dan 14 tulang jari tangan. 

Berikut ini adalah gambar bagian-bagian tulang jari tangan manusia:

Gambar Tulang Jari Tangan

Tulang Jari Tangan Manusia

Baca Juga:
Terdapat 3 ruas tulang jari pada masing-masing jari tangan manusia, yaitu tulang jari proksimal, medial, dan distal. Kecuali pada ibu jari yang hanya terdiri dari 2 tulang jari, yaitu proksimal dan distal. Setiap jari tangan juga memiliki 2 persendian, yaitu sendi proksimal inter phalang (PIP) dan sendi distal inter phalang (DIP).

Fungsi Tulang Jari Tangan

Tulang jari tangan atau phalanges memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Anggota Tulang Gerak Atas

Tulang jari tangan adalah salah satu anggota tulang gerak atas. Jadi, tulang ini bertanggung jawab untuk memberi dukungan kepada alat gerak bagian atas manusia.

2. Membentuk Rangka Tangan Manusia

Secara keseluruhan, rangka tangan manusia tersusun dari tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan.

3. Membentuk Persendian Tulang Tangan

Fungsi tulang jari tangan selanjutnya adalah membentuk persendian antar tulang rangka tangan manusia. Tulang jari tangan saling berhubungan dengan tulang telapak tangan.

Sendi Tulang Jari Tangan

Ujung tulang jari tangan berbentuk lekukan sebagai tempat persendian. Ruas antar jari tangan dihubungkan oleh sendi engsel dimana jenis gerakannya adalah gerakan berporos satu. Selain itu, terdapat pula sendi pelana yang menjadi penghubung antara tulang jari tangan dengan tulang telapak tangan. 

Cedera Tulang Jari Tangan

Tulang jari tangan sering terserang cedera di akibat oleh benturan karena terjatuh. Tulang ini dapat mengalami fraktur atau patah yang menyebabkan fungsinya sebagai alat gerak menjadi terganggu. Oleh karena itu, diperlukan tindakan medis untuk menyembuhkan cedera pada tulang jari tangan. Selain itu, tulang jari tangan sering terasa sakit karena adanya penyakit asam urat. Penyakit ini juga akan mengganggu fungsi jari tangan.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Tulang Jari Tangan. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Fungsi Tulang Jari Tangan Manusia (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment