Learn Science With Ilmusiana

5+ Fungsi Tulang Telapak Tangan (Gambar Lengkap)

Apa fungsi dari tulang telapak tangan? Tubuh kita bisa berdiri tegak karena adanya rangka. Rangka tubuh kita membentuk sebuah sistem yang terdiri dari beberapa jenis tulang, seperti tulang keras, tulang rawan, dan ligamen. Rangka penopang tubuh manusia dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu tulang pembentuk rangka badan, tulang anggota gerak, dan tulang yang membentuk tengkorak. Total jumlah seluruh tulang yang membangun tubuh manusia adalah 206 buah.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan yang menjadi topik kita kali ini masuk ke dalam kelompok tulang anggota gerak. Sementara itu, tulang anggota gerak dibedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. Jenis-jenis tulang yang termasuk ke dalam tulang anggota gerak atas adalah tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan ruas jari.

Sementara itu, jenis-jenis tulang yang termasuk ke dalam tulang anggota gerak bawah adalah tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan ruas-ruas jari kaki. Jadi, secara spesifik tulang telapak tangan adalah termasuk ke dalam kelompok tulang anggota gerak atas. 

Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan secara lengkap tentang tulang telapak tangan dan fungsinya. Besar harapan kami bahwa uraian ini bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian tentang fungsi tulang telapak tangan. Yuk, berikut ini pembahasannya:

Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan disebut juga sebagai metakarpus atau metakarpal (metacarpal), yaitu tulang panjang di tangan yang terhubung ke tulang jari (phalanges) dan karpal (carpal). Bagian atas tulang telapak tangan bergabung dengan pergelangan tangan membentuk buku-buku jari. Tulang telapak tangan ditutupi oleh jaringan ikat di sisi telapak tangan. Berikut ini adalah gambar dari tulang telapak tangan:

Gambar Tulang Telapak Tangan

Tulang Telapak Tangan

Ada lima tulang pipa pendek yang membentuk tulang telapak tangan, masing-masing tulang pipa ini terikat dengan jari. Kelima tulang telapak tangan ini akan terpisah pada saat telapak tangan dalam keadaan terbuka dan bersatu saat tangan mengepal. Jadi, tulang ini akan terlihat saat kita mengepalkan tangan.
Setiap tulang telapak tangan saling terhubung dengan tulang-tulang jari (phalanges). Terdapat persendian di antara tulang telapak tangan dengan tulang jari yang membuat gerakan jari lebih fleksibel saat digerakkan atau menggenggam sesuatu. Sendi antara tulang telapak tangan dengan tulang jari ini disebut metacarpophalangeal (MCP), sering juga disebut dengan sendi pelana.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Membentuk Alat Gerak

Fungsi tulang telapak tangan yang pertama adalah membentuk alat gerak. Bersama-sama dengan tulang anggota gerak atas lainnya, tulang telapak tangan memberi dukungan pada pembentukan alat gerak manusia.

2. Memberi Bentuk Telapak Tangan

Tulang telapak tangan berfungsi untuk memberi bentuk pada bagian telapak tangan. Tulang ini akan dilingkupi oleh otot-otot untuk membentuk telapak tangan manusia. Bersama-sama dengan jenis tulang lainnya, tulang telapak tangan membentuk alat gerak manusia.

3. Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pergelangan

Tulang telapak tangan juga berfungsi sebagai penghubung antara tulang-tulang jari (phalanges) dengan tulang pergelangan (carpal).

4. Membentuk Buku Buku Jari

Fungsi tulang telapak tengan selanjutnya adalah untuk membentuk buku-buku jari (knuckles). Buku jari akan terbentuk saat telapak tangan dikepalkan, berbentuk tonjolan antara telapak dan jari.

5. Tempat Menempelnya Otot

Tulang telapak tangan juga memiliki fungsi sebagai tempat menempelnya otot. Contoh otot yang menempel pada tulang telapak tangan adalah otot lumbricals.

Otot Tulang Telapak Tangan

Otot yang bekerja di sekitar tulang telapak tangan disebut otot intrinsik. Otot intrinsik berperan penting untuk memberikan kekuatan pada jari-jemari saat melakukan gerakan motorik halus, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik yang menggunakan otot kecil dan koordinasi mata, serta tangan, seperti mengepal, mencengkeram, menggenggam, mencubit, dan gerakan-gerakan lainnya.

Cedera Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan atau metacarpal dapat mengalami cedera, seperti patah apabila terkena pukulan langsung yang keras. Keadaan ini banyak dialami oleh petinju. Cedera yang menyerang tulang telapak tangan bisa lama sembuhnya hingga mengubah struktur dan ketangkasan tangan secara permanen.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Tulang Telapak Tangan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Fungsi Tulang Telapak Tangan (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment