Learn Science With Ilmusiana

Pola Lantai Pada Tari Saman

Seperti apa pola lantai yang berlaku dalam Tari Saman? Siapa yang tidak kenal dengan tari Saman, tarian khas yang berasal dari Provinsi Aceh yang kepopulerannya sudah mendunia. Gerakan yang lincah, cepat, dan kompak menjadi keunikan tersendiri dari tarian ini. Tari Saman selalu mengundang decak kagum penonton dari dalam dan luar negeri.

Pementasan tari Saman ini sangatlah sederhana, hanya terdiri dari belasan orang penari utama dan penyanyi lagu. Penggunaan alat musik nyaris tidak ditemukan dalam tarian ini, kecuali kehadiran satu buah rebana yang akan memandu lagu dan tempo gerakan penari. Jika rebana dipukul cepat, maka gerakan penari akan cepat pula.

Materi Tari Saman Lainnya:
Nah, pada kesempatan ini, kami akan menginformasikan mengenai pola lantai tari Saman. Semoga setelah membaca uraian ini kita bisa mengetahui dan memahami pola lantai apa yang digunakan dalam tarian khas Aceh ini.

Pola Lantai

Tari-tarian tidak hanya sekedar mementaskan gerakan saja. Terdapat unsur penting dalam tarian itu, misalnya pola lantai. Secara sederhana, pola lantai dapat diartikan sebagai pola garis yang dijadikan lintasan ketika melakukan pergelaran tari. Ada bermacam-macam pola lantai yang dikenal dalam tarian nusantara. Pola tersebut antara lain:

1. Pola Lantai Garis Lurus

Ada banyak tarian nusantara yang menggunakan pola lantai lurus. Jenis pola lantai ini dapat kita gambarkan sebagai berikut:
Pola lantai lurus

2. Pola Lantai Zig Zag

Dalam tarian juga dikenal pola lantai zig zag. Ada beberapa tarian nusantara yang menggunakan pola lantai ini. Pola lantai zig zag dapat digambarkan sebagai berikut:
Pola Lantai Zig Zag

3. Pola Lantai Melengkung

Pola lantai lainnya yang terdapat dalam tarian adalah pola lantai melengkung. Pola lantai ini disebut juga dengan pola lantai lingkaran jika lengkungannya membentuk satu lingkaran penuh. Tetapi, kadang-kadang bisa juga hanya setengah lingkaran. Pola lantai melengkung dapat kita gambarkan sebagai berikut:
Pola Lantai Melengkung

Pola Lantai Tari Saman

Dalam tarian Saman, pola lantai yang berlaku adalah pola garis lurus. Saat kita menyaksikan pertunjukan tari Saman, kita bisa melihat dengan jelas para penari utama menunjukkan pola lantai berupa garis lurus ini. Pola lantai tari Saman dapat kita gambarkan sebagai berikut:
Pola Lantai Tari Saman
Demikianlah penjelasan tentang Pola Lantai Tari Saman. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Pola Lantai Pada Tari Saman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment