Learn Science With Ilmusiana

Properti Pada Tari Jaipong

Apa properti yang digunakan dalam Tari Jaipong? Seperti yang kita tahu, Tari Jaipong adalah tarian tradisional khas daerah Sunda, Jawa Barat. Tarian ini tidak hanya populer di tanah Jawa, tetapi juga ke seluruh Indonesia. Gerakan yang goyang pinggul penuh semangat dari para penarinya, membuat tarian ini sangat menarik untuk ditonton. Tari Jaipong kerap dipentaskan pada acara-acara festival kesenian di berbagai daerah.

Properti Tari Jaipong

Properti Pada Tari Jaipong

Tari Jaipong sering diajarkan dalam mata pelajaran seni di sekolah. Gerakannya yang sederhana membuat para siswa mudah menghapalkannya. Ada empat jenis gerakan dalam tarian ini, yaitu gerakan pembukaan, gerakan pancungan, gerakan ngala, dan gerakan mincit.

Untuk menari Jaipong, para penari harus menggunakan properti yang menjadi ciri khas dalam tari Jaipong. Sebagaimana pada tari lainnya, properti ini merupakan perlengkapan tarian yang mendukung gerak penarinya. Properti apa yang digunakan dalam Tari Jaipong? Yuk, berikut ini ulasannya.

Pengertian Properti Tari

Dalam seni tari, properti adalah semua perlengkapan yang dipakai untuk kebutuhan penampilan koreografi atau tatanan tari. Jadi, penggunaan properti dalam suatu tarian disesuaikan dengan kebutuhan koreografi. Properti itu juga berkaitan dengan tema dan gerak sebagai media ungkap. Properti tari dapat berupa benda kecil sampai benda-benda besar.

Artikel Terlengkap Tari Jaipong, baca: Tari Jaipong Daerah Jawa Barat
Jadi, properti bisa juga diartikan sebagai semua perlengkapan yang digunakan, dipegang, dimanfaatkan, atau dipakai dan dimainkan oleh para penari. Properti tari yang paling umum digunakan, seperti kipas, sapu tangan, keris, tombak, pedang, gada, lawung, dan lain sebagainya.

Properti Tari Jaipong

Properti utama dalam Tari Jaipong adalah Sampur. Sampur adalah kain panjang yang menjadi properti utama dalam Tari Jaipong. Sampur sering juga disebut dengan selendang yang akan dikenakan pada leher penari. Keberadaan sampur dalam Tari Jaipong sangat penting karena menjadi properti yang ikut dimainkan dalam gerakan tari mulai dari pembukaan sampai akhir. 

Mengenai properti tari Jaipong, hati-hati ada banyak referensi di internet yang memberikan informasi keliru. Ada yang mengulas bahwa properti Tari Jaipong adalah Sinjang, Apok, dan Sampur. Padahal, Sinjang dan Apok termasuk ke dalam kostum penari Jaipong, bukan properti. Sepertinya di sini terdapat kesalahpahaman dalam memaknai pengertian dari properti tari. 

Jadi, properti Tari Jaipong yang benar adalah Sampur.

Demikianlah penjelasan tentang Properti Tari Jaipong. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Properti Pada Tari Jaipong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment