Learn Science With Ilmusiana

Pola Lantai Dalam Tari Jaipong

Seperti apa pola lantai dalam Tari Jaipong? Masyarakat Indonesia, dan Jawa Barat pada khususnya patut berbangga dengan adanya Tari Jaipong sebagai salah satu tarian daerah yang sangat populer. Bagi Anda yang pernah menyaksikan pementasan Tari Jaipong, pasti akan terpukau dengan penampilan para penarinya. Gerakan gemulai lenggak-lenggok pinggul penarinya menjadi ciri khas tersendiri dari tarian ini.

Pola Lantai Tari Jaipong

Pola Lantai Tari Jaipong

Tari Jaipong yang ditarikan oleh sekelompok penari perempuan di atas panggung mengikuti pola tertentu agar seluruh gerakannya teratur, dari awal hingga akhir. Pola inilah yang akan diikuti oleh semua penari untuk memunculkan gerakan tarian yang kompak. Pola ini ada kaitannya dengan penguasaan panggung sehingga tarian semakin menarik untuk ditonton.

Lantas, bagaimana bentuk pola lantai yang berlaku dalam Tari Jaipong? Yuk berikut ini ulasannya.

Pola Lantai Tari

Dalam sebuah tarian, khususnya tarian kelompok, pola lantai adalah unsur yang sangat penting untuk diperhatikan. Pola inilah yang mengatur seluruh gerak perpindahan penari di atas panggung. Apakah ke depan, ke belakang, atau ke samping. Para penari harus paham dengan pola ini agar seluruh gerakannya kompak dengan penari lainnya. Ada beberapa macam pola lantai yang umum berlaku dalam sebuah tarian, yaitu:

1. Pola Lantai Vertikal


Pola lantai vertikal dalam tarian dilakukan dengan membentuk garis vertikal oleh para penari. Garis vertikal tersebut berupa garis lurus dari depan ke belakang, atau sebaliknya. Berikut ini gambar dari pola lantai vertikal tersebut:
Pola Lantai Vertikal tari

2. Pola Lantai Horizontal

Dalam tarian juga dikenal adanya pola lantai horizontal. Pola lantai ini berbentuk barisan garis lurus penari ke samping kiri dan kanan. Berikut ini gambar dari pola lantai horizontal:
pola lantai horizontal tari

3. Pola Lantai Diagonal

Pola lantai diagonal juga sering digunakan dalam tarian. Bentuk dari pola lantai ini adalah para penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut ini gambar dari pola lantai diagonal tersebut:
Pola Lantai Diagonal tari

4. Pola Lantai Melingkar

Dalam tarian, sering digunakan juga pola lantai berbentuk melingkar. Pada pola lantai ini, para penari akan membentuk garis lingkaran. Berikut ini gambar dari pola lantai melingkar ini:
pola lantai melingkar tari

5. Pola Lantai Zig-zag

Pola lantai zig-zag adalah pengembangan dari pola lantai lurus. Jika diperhatikan, pola lantai ini terbentuk dari gabungan pola lantai horizontal dan pola lantai diagonal. Gambar dari pola lantai ini adalah sebagai berikut:
Pola Lantai Zig-zag tari

Pola Lantai Tari Jaipong

Selain properti Tari Jaipong, keunikan atau dayak tarik tersendiri dari Tari Jaipong adalah geraknya yang dinamis mengikuti tabuhan gendang yang unik. Seluruh penari Tari Jaipong akan melakukan gerakan di atas panggung mengikut pola lantai tertentu. Khusus untuk Tari Jaipong, pola lantai yang digunakan dalam tarian ini adalah pola lantai lurus dan zig-zag.

Demikianlah penjelasan tentang Pola Lantai Tari Jaipong. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Pola Lantai Dalam Tari Jaipong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment