Learn Science With Ilmusiana

Properti Tari Pendet (Gambar Lengkap)

Apa properti yang digunakan dalam Tari Pendet? Tarian ini adalah salah satu tarian daerah khas Bali. Tarian Pendet cukup populer di kalangan wisatawan, karena tari ini kerap dipertunjukkan untuk menyambut kedatangan para wisatawan ke Pulau Bali. Ciri khas tarian tertua milik masyarakat Bali ini adalah gerakan penarinya yang lincah dan atraktif menghibur para penonton. 

Tari Pendet sebenarnya adalah tarian ritual yang sering digunakan dalam upacara agama Hindu. Namun, oleh seniman Bali, tarian ini diberi bentuk modern agar cocok sebagai tari hiburan. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Dewata Bali, pasti pernah menyaksikan tarian ini. Dibawakan secara berkelompok oleh penari perempuan dengan penampilan yang memukau.

Lantas, peroperti apa yang digunakan oleh penari Pendet? Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan seputar properti pada Tari Pendet lengkap dengan gambar atau foto propertinya. Yuk, berikut ini ulasannya:

Pengertian Properti Tari

Dalam ilmu tari, terdapat satu unsur yang dimiliki oleh hampir semua tari nusantara, yaitu properti. Secara sederhana, properti tari dapat diartikan sebagai perlengkapan atau peralatan yang digunakan oleh penari yang mendukung gerakannya. Properti berkaitan dengan erat dengan tema atau jenis tarian yang dibawakan, misalnya pada tari perang, properti yang umum digunakan adalah pedang, tombak, tameng, dan sebagainya.

Selain yang telah disebutkan di atas, properti tari yang umum digunakan dalam tarian nusantara adalah kipas, topeng, bokor, sampur, dan lain sebagainya. Misalnya, dalam Tari Jaipong, properti yang digunakan adalah Sampur. Sedangkan, dalam Tari Kipas, properti yang digunakan adalah kipas. Jadi, properti ini erat kaitannya dengan tema tarian.

Properti Tari Pendet

Properti pada Tari Pendet adalah Bokor. Secara sederhana, bokor adalah pinggan besar yang cekung dan bertepi lebar. Umumnya, properti ini terbuat dari logam. Para penari Pendet akan menari sambil membawa bokor. Properti ini diletakkan di tangan kanan penari, yang sebelumnya telah dihias dengan janur. Bokor tersebut akan diisi dengan bermacam-macam bunga yang digunakan untuk menyambut tamu. Berikut ini gambar dari bokor properti Tari Pendet tersebut:

Gambar Bokor Properti Tari Pendet 

bokor properti Tari Pendet

Demikianlah penjelasan tentang Properti Tari Pendet. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Properti Tari Pendet (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment