Learn Science With Ilmusiana

Kepanjangan CPU: Arti dan Penjelasan (Lengkap)

Tahukah Anda apa kepanjangan CPU? Singkatan ini pasti telah familiar di telinga sebab CPU merupakan nama sebuah alat yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Alat ini tertanam di handphone dan perangkat komputer yang kita gunakan. Yah, kita sering menyebutnya dengan CPU, yang ternyata sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan.

CPU

Kepanjangan CPU

Berdasarkan penelusuran kami, banyak netizen yang bertanya tentang apa kepanjangan CPU. Ini menjadi pertanda bahwa masih banyak di antara kita yang belum mengetahui kepanjangan dari CPU. Mungkin, begitu juga dengan Anda yang sedang membaca artikel ini. 

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang kepanjangan CPU dan beberapa materi tambahan yang terkait dengannya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang CPU semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Kepanjangan CPU

CPU adalah singkatan dari kepanjangan "Central Processing Unit". Dalam bahasa Indonesia, kepanjangan ini berarti "unit pemrosesan pusat". CPU merupakan komponen utama yang terdapat dalam setiap perangkat handphone dan komputer. Komponen inilah yang memproses setiap input yang masuk ke perangkat.

Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit atau biasa disingkat CPU, adalah komponen terpenting dari sebuah perangkat telepon seluler dan komputer. Komponen ini disebut juga dengan processor yang berfungsi sebagai pemroses data dan kontrol pada perangkat. Dengan kata lain, CPU merupakan otak dari telepon seluler dan komputer.

Kinerja CPU sangat menentukan kinerja sebuah handphone dan komputer. Semakin baik CPU-nya, maka semakin baik pula kinerja perangkatnya. Berdasarkan fungsinya, CPU terdiri dari dua bagian, yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetical Logical Unit (ALU). CU berfungsi sebagai pengontrol kerja perangkat, seperti mengatur urutan proses-proses yang dilakukan oleh perangkat. Sedangkan, ALU berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan-perhitungan matematika.

Kinerja CPU diukur berdasarkan kecepatannya dengan satuan hertz. Semakin tinggi kecepatan sebuah CPU, semakin bagus pula kinerja perangkatnya. Sekarang ini CPU yang digunakan sebagian besar perangkat telah mencapai kecepatan hingga gigahertz. 1 gigahertz setara dengan 1.000.000.000 hertz.

Fungsi CPU

CPU pada sebuah perangkat berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data dan input yang diterima oleh perangkat. Dengan kata lain, CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya.

Demikianlah penjelasan tentang Kepanjangan CPU. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Kepanjangan CPU: Arti dan Penjelasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment