Learn Science With Ilmusiana

Kepanjangan FIFA: Arti dan Penjelasan (Lengkap)

Tahukah kamu apa kepanjangan FIFA? Singkatan ini pasti telah sering kamu dengar, apalagi bagi kamu yang penggemar sepak bola. Sebab, FIFA adalah suatu singkatan yang berkaitan dengan sepak bola. Ia merupakan nama organisasi induk sepak bola seluruh dunia. Setiap saat FIFA disebut orang, karena hampir setiap hari ada pertandingan sepak bola di seluruh dunia.

FIFA

kepanjangan fifa
Berdasarkan penelusuran kami, banyak netizen yang bertanya tentang kepanjangan FIFA. Ini menandakan, bahwa ternyata masih banyak di antara kita yang belum mengetahui kepanjangan dari FIFA. Padahal, setiap hari kita menonton sepak bola, kok masih belum tahu juga yah?

Olehnya itu, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang kepanjangan dari FIFA dan materi-materi yang terkait dengannya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang FIFA semakin bertambah.
Yuk, berikut ini ulasannya...

Kepanjangan FIFA

FIFA adalah sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan berbahasa Prancis "Federation Internationale de Football Association". Dalam bahasa Inggris, kepanjangan ini ditulis "International Federation of Football Association. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kepanjangan ini memiliki arti "Federasi Internasional sepak bola dunia". 

Apa Itu FIFA?

Dari kepanjangannya, kita bisa melihat bahwa FIFA adalah organisasi yang menjadi induk sepak bola dunia. Organisasi ini mengurusi semua hal yang terkait dengan sepak bola dunia. Ia merupakan badan pengendali tertinggi sepak bola dunia. Mulai dari sepak bola tingkat tim nasional, sampai dengan tingkat klub. Organisasi ini juga menaungi seluruh organisasi sepak bola yang ada di setiap negara, seperti PSSI di Indonesia bersama-sama dengan 211 Assosiasi sepak bola di negara-negara lainnya.

FIFA melaksanakan kejuaraan-kejuaraan sepak bola seperti Piala Dunia dan lain sebagainya. Berikut ini adalah daftar lengkap kejuaraan yang dilaksanakan oleh FIFA:

Turnamen pria

  1. Piala Dunia
  2. Piala Konfederasi
  3. Cabang olahraga sepak bola pria pada Olimpiade
  4. Piala Dunia U-20
  5. Piala Dunia U-17
  6. Piala Dunia Antarklub
  7. Piala Dunia Futsal
  8. Piala Dunia Sepak Bola Pantai
  9. Blue Stars/Piala Muda FIFA

Turnamen wanita

  1. Piala Dunia Wanita
  2. Cabang olahraga sepak bola wanita pada Olimpiade
  3. Piala Dunia Wanita U-20
  4. Piala Dunia Wanita U-17

FIFA Berdiri Tanggal Berapa?

FIFA didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Prancis. Presiden pertama FIFA pada saat itu adalah Robert Guerin. Sejak terbentuknya FIFA, perkembangan sepak bola dunia menjadi semakin pesat. Karena yang menjadi tugas utama dari FIFA adalah melakukan promosi sekaligus sosialisasi sepak bola ke seluruh dunia.

Siapa Pendiri FIFA?

FIFA didirikan berdasarkan kesepakatan tujuh negara, yaitu Prancis, Inggris, Belanda, Denmark, Swedia, Swiss, dan Spanyol. Salah satu tokoh pendirinya adalah Robert Guerin, seorang, jurnalis berkebangsaan Prancis, sekaligus menjadi presiden pertama FIFA yang menjabat mulai tanggal 22 Mei 1904 sampai 4 Juni 1906.

Daftar Presiden FIFA

Presiden FIFA saat ini dijabat oleh Gianni Infantino, seorang berkewarganegaraan Italia dan Swiss yang menjabat sejak tahun 2016 sampai sekarang. Sejak terbentuknya hingga sekarang, FIFA telah dijabat oleh 9 orang Presiden. Berikut ini daftar lengkap Presiden FIFA beserta asal negaranya:
  1. Robert Guerin (Prancis): 1904 - 1906
  2. Daniel Burley Woolfall (Inggris): 1906 - 1918
  3. Jules Rimet (Prancis): 1921 - 1954
  4. Rodolphe Seeldrayers (Belgia): 1954 - 1955
  5. Arthur Drewry (Inggris): 1955 - 1961
  6. Sir Stanley Rous (Inggris): 1961 - 1974
  7. Joao Havelange (Brasil): 1974 - 1998
  8. Sepp Blatter (Swiss): 1998 - 2015
  9. Gianni Infantino (Italia - Swiss): 2016 - Sekarang
Demikianlah penjelasan tentang Kepanjangan FIFA. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Kepanjangan FIFA: Arti dan Penjelasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment