Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam?

Tahukah kamu mengapa budaya Indonesia sangat beragam? Semua orang tahu bahwa Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari banyak suku bangsa. Suku-suku ini tersebar di seluruh wilayah nusantara yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Berdasarkan perkiraan, ada lebih dari 500 suku bangsa yang hidup di Indonesia.

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam

Suku-suku bangsa di Indonesia memiliki beraneka ragam corak dan tingkat kebudayaannya. Keragaman budaya tersebut diwujudkan dalam bentuk keragaman bahasa daerah, adat istiadat, kesenian daerah, dan sistem kekerabatan. 

Lantas, mengapa budaya Indonesia sangat beragam? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan alasan mengapa sehingga budaya di Indonesia beraneka ragam. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang budaya Indonesia semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Alasan Budaya Indonesia Sangat Beragam 

Beberapa alasan mengapa sehingga budaya Indonesia sangat beragam, antara lain sebagai berikut:

1. Banyaknya Suku Bangsa

Budaya Indonesia sangat beragam disebabkan oleh banyaknya suku bangsa yang mendiami Indonesia. Setiap suku tersebut mempunyai adat budaya tersendiri. Budaya ini bisa dilihat dalam hal baju adat, bahasa, masakan tradisional, dan bentuk kesenian yang berbeda di tiap suku.

2. Perbedaan Agama

Perbedaan agama juga menjadi faktor pendukung keragaman budaya di Indonesia. Agama yang dianut masyarakat Indonesia di antaranya adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu. Masing-masing pemeluk agama tersebut melahirkan budaya yang berbeda.

3. Adat Istiadat

Keragaman budaya Indonesia juga disebabkan oleh faktor adat istiadat. Masyarakat Indonesia terdiri atas berbaga macam suku bangsa dan setiap suku bangsa di Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan keragaman budaya Indonesia.

4. Pengaruh Budaya Asing

Penyebab mengapa budaya Indonesia sangat beragam bisa juga karena pengaruh budaya asing. Sejak zaman dahulu, bangsa Indonesia telah berhubungan dengan bangsa lain melalui jalur perdagangan. Misalnya budaya India, China, dan Arab yang dibawa oleh masing-masing pedagang. Masuknya bangsa asing karena letak wilayah Indonesia yang sangat strategis.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beragam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment