Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Tahukah kamu mengapa kita harus istiqomah? Sebagaimana yang diketahui, istiqomah adalah suatu sikap sikap yang sangat dianjurkan dalam Islam. Setiap manusia yang mengaku beriman kepada Allah SWT harus melaksanakan iman itu secara istiqomah. Ada banyak ayat Al Qur'an dan hadits yang menyebutkan keharusan sikap istiqomah. Termasuk, berita gembira bagi orang-orang yang bisa beristiqomah.

Mengapa Kita Harus Istiqomah

Mengapa Kita Harus Istiqomah

Islam bisa berdiri tegak sampai sekarang ini, karena para pemeluknya menjaga sikap istiqomah. Sejak awal penyebarannya, Islam telah mendapat ujian dan tantangan yang sangat berat. Tetapi, semua itu tidak menyurutkan niat dan mengurangi keimanan mereka kepada Allah SWT. Dari sejarah kita melihat, bagaimana Rasulullah SAW mendapat teror dan ancaman dari orang-orang kafir. Namun, karena istiqomahlah sehingga beliau bisa bertahan menyebarkan agama Islam.

Tentunya, sikap itu harus kita tunjukkan juga oleh kita yang mengaku umatnya. Kita harus meneladani sikap istiqomah yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, ada pahala besar yang menanti orang-orang yang bisa beristiqomah.

Lantas, mengapa kita harus istiqomah? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pentingnya sikap istiqomah. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang istiqomah semakin bertambah.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu istiqomah, Anda bisa membacanya disini:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Mengapa Kita Harus Istiqomah

Alasan mengapa kita harus istiqomah, antara lain sebagai berikut:

1. Termasuk Perintah Allah SWT

Allah SWT telah memerintahkan Istiqomah kepada para Nabi-Nya dan juga kepada umatnya. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Firman Allah dalam Surah Hud Ayat 112, yang artinya:
Maka istiqomahlah sebagaimana engkau (Muhammad) diperintahkan beserta orang yang bertaubat bersamamu, dan janganlah melampaui batas. Sesungguhnya Allah Maha Melihat terhadap apa yang kalian perbuat. (Hud: 112)

2. Sangat Dianjurkan Rasulullah SAW

Istiqomah juga termasuk sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ada banyak hadits sabda Rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaan istiqomah. Salah satu diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:
Dari Ibnu Amr r.a katanya, aku berkata: "Hai Rasulullah, katakanlah padaku tentang Islam, sesuatu perkataan yang aku tidak menanyakan lagi kepada seseorang selain engkau. Nabi bersabda: "Katakanlah, aku beriman kepada Allah, lalu istiqomah." (HR. Muslim)

3. Mendapat Balasan Surga

Allah akan memberi balasan surga bagi orang-orang yang beristiqomah dijalannya. Sebagaimana firman Allah yang tercantum dalam Surah Fushilat ayat 30, yang artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Rabb kami ialah Allah" kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu." (QS. Fushilat:30)
Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Istiqomah. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Istiqomah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment