Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah?

Tahukah kamu mengapa konsep waktu penting dalam sejarah? Dalam ilmu sejarah, ada dua konsep yang sangat penting, yaitu ruang dan waktu. Secara sederhana, ruang bisa dikaitkan dengan tempat terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Sedangkan waktu, hari, bulan, dan tahun dari suatu peristiwa sejarah. Dua konsep ini akan selalu digunakan untuk menjelaskan jalannya suatu peristiwa sejarah secara lengkap.

Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah

Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah

Topik pembahasan kita kali ini akan kita fokuskan pada konsep waktu. Dengan konsep ini, maka pembaca sejarah akan mengetahui kapan terjadinya suatu peristiwa sejarah. Apakah itu puluhan tahun yang lalu, ratusan tahun, atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Oleh karena itu, konsep waktu memegang peranan penting untuk menjelaskan suatu peristiwa sejarah.

Lantas, mengapa konsep waktu penting dalam sejarah? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang alasan mengapa sehingga konsep waktu penting dalam sejarah. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang konsep waktu semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah

Konsep waktu dalam sejarah meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan, dan perubahan. Konsep waktu memiliki arti masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia, yang dapat dibagi menjadi tiga, yaitu waktu lampau, waktu sekarang, dan waktu yang akan datang. 

Ada tiga alasan mengapa konsep waktu penting dalam sejarah, antara lain sebagai berikut:
  • Salah satu unsur yang tak bisa dipisahkan dari manusia adalah waktu. Sementara manusia sendiri adalah subjek sekaligus objek sejarah. Perjalanan hidup manusia pada hakikatnya adalah perjalanan mengarungi waktu.
  • Peristiwa sejarah adalah perubahan dalam hidup manusia yang berkesinambungan. Perubahan tersebut pun hanya bisa dipelajari melalui kerangka waktu.
  • Waktu adalah unsur pelengkap dari ruang. Semua aktifitas manusia berkaitan dengan ruang dan waktu, oleh sebab itu keberadaan konsep waktu sangat penting.
Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Konsep Waktu Penting Dalam Sejarah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment