Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Tinggi Rendahnya Bunyi Disebut?

Tahukah kamu disebut apakah tinggi rendahnya bunyi? Pertanyaan ini sering didapatkan oleh para siswa dari gurunya. Sepanjang penelusuran kami, pertanyaan ini sering diajukan di brainly, namun rata-rata jawabannya sangat singkat, atau tidak dilengkapi penjelasan yang memadai. Karena itulah, materi ini hadir untuk memberikan penjelasan lengkap tentang tinggi rendahnya bunyi.

Tinggi Rendahnya Bunyi Disebut

Tinggi Rendahnya Bunyi Disebut

Memang, ada sebuah istilah disematkan pada tinggi rendahnya suatu bunyi. Seperti yang kita ketahui, bunyi adalah sesuatu yang lazim kita dengar sehari-hari. Ada banyak sumber bunyi di sekitar kita, contohnya manusia, kendaraan, radio, dan lain-lain. Bunyi tersebut bervariasi, kadang tinggi dan terkadang pula rendah. 

Lantas, disebut apakah tinggi rendahnya bunyi? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan materi tentang tinggi rendahnya bunyi. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang bunyi semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya....

Tinggi Rendahnya Bunyi 

Ternyata, tinggi rendahnya bunyi disebut dengan nada. Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur atau jumlah getaran tiap detiknya sama. Frekuensi itulah yang menentukan tinggi rendahnya bunyi. Jika frekuensi getarannya besar, maka menghasilkan bunyi yang tinggi. Begitupun sebaliknya, jika frekuensi getarannya kecil, maka menghasilkan bunyi yang rendah. 

Bunyi berasal dari getaran suatu benda. Saat suatu benda bergetar, maka akan mengeluarkan bunyi, sehinggi bisa disebut sebagai sumber bunyi. Contoh sumber bunyi antara lain; radio, alat musik, handphone, dan lain-lain.

Nah, demikianlah penjelasan tentang Tinggi Rendahnya Bunyi. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Tinggi Rendahnya Bunyi Disebut? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment