Learn Science With Ilmusiana

Arti Afwan: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Tahukah kamu arti Afwan? Atau mungkin kamu pernah mendapatkan ucapan ini dari seseorang? Bagi kamu yang belum mengetahui artinya, tenang saja pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskannya secara gamblang. Bagi seorang muslim, kata "Afwan" sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Sehingga, arti afwan sangat penting untuk diketahui, agar kita bisa menanggapi dengan jawaban atau balasan yang tepat.

Afwan

Arti Afwan: Jawaban, Balasan
Sekarang ini, penggunaan ungkapan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari telah menjadi trend di kalangan muslim Indonesia. Contohnya, kata Afwan ini, sering terlontar dari lisan seseorang yang ditujukan kepada orang lain. Kamu yang sedang membaca artikel ini, mungkin sedang bingung atau belum tahu Afwan artinya apa, sehingga kamu mencarinya di google.
Lantas, apa sih arti Afwan itu? Nah materi di bawah ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai Afwan artinya apa. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang arti Afwan semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Afwan

Afwan adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "maaf". Selain menyatakan maaf, Afwan juga sering digunakan untuk membalas ucapan terima kasih (syukron). Afwan adalah ism masdar yang berasal dari kata 'afaa (عفا), ya'fu (يعفو ), 'afwan (عفوا) yang berarti "maaf". Dalam beberapa referensi, misalnya lisanul Arab disebutkan bahwa والعَفْوُ هو التجاوز عن الذنب وترك العقاب عليه  , Al afwu berarti memaafkan atas segala dosa (kesalahan) dan membebaskan hukuman atasnya.

Selanjutnya, Al Khaliil pernah berkata dalam Maqoyisul Lughah, bahwa:

وكلُّ مَن استحقَّ عُقوبةً فتركْتَه فقد عفوتَ عنه. وقد يكون أن يعفُوَ الإنسان عن الشَّيء بمعنى الترك، ولا يكون ذلك عن استحقاق

Artinya: Setiap orang yang akan mendapatkan hukuman lalu engkau memberikan kebebasan berarti engkau telah memaafkannya. Terkadang seseorang memberi maaf atas sesuatu dengan membebaskan. Hal tersebut hanya bagi mereka yang pantas memperolehnya.

Berdasarkan kajian morfologis, Afwan adalah kata yang tidak berdiri sendiri. Sebenarnya, kata tersebut didahului oleh fi'il, akan tetapi fi'il tersebut dihapuskan. Andaikata fi'il tersebut dimunculkan, maka kalimat yang akan muncul adalah athlubu afwan.

Variasi Kata Afwan

Berikut ini beberapa variasi dari kata Afwan yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari:
  • 'Afwan Jiddan berarti maaf sekali
  • 'Afwan Yaa Habibi berarti maaf wahai kekasihku
  • 'Afwan Yaa Ukhti berarti maaf wahai saudariku

Arti Afwan Secara Istilah

Di dalam Al Quran, kata Afwan sering disebutkan dan memiliki banyak makna, antara lain sebagai berikut:

1. Al Fadhl (Kelebihan)

Afwan yang berarti kelebihan berdasarkan dari firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 219 yang berbunyi:

وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ       
Artinya: "Dan mereka bertanya kepadamu apa yg mereka nafkahkan. Katakanlah: "yg lebih dari keperluan." (QS. Al Baqarah: 219)

Ibnu Abbas RA, menjelaskan bahwa Al Afwu berarti "kelebihan dari kebutuhan keluargamu".  

2. Al Kastrah (Jumlah yang Banyak)

Allah SWT berfirman dalam surah Al A'raf ayat 95, yang berbunyi:

    ثُمَّ بَدَّلْنَا مَكَانَ السَّيِّئَةِ الْحَسَنَةَ حَتَّىٰ عَفَوْا

Artinya: "Kemudian Kami ganti kesusahan itu dg kesenangan hingga keturunan dan harta mereka bertambah banyak." (QS. Al A'Raf: 95)

Pakar tafsir dari kalangan sahabat, Ibnu Abbas RA berkata tentang ayat,

    حتى عفو

Beliau berkata,

    حتى كثروا وكثرت أموالهم

Artinya: "Sampai jumlah mereka dan harta mereka bertambah banyak." (Tafsir Ath Thabari)

Demikian inilah yang disampaikan Mujahid rahimahullah, pakar tafsir di kalangan tabi'in. Al Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata tentang ayat diatas,

    أي كثروا وكثرت أموالهم وأولادهم يقال عفا الشيء إذا كثر

Artinya: "yakni hingga jumlah mereka menjadi banyak serta harta dan anak-anak mereka. Disebut 'afasy syaiu berarti jika jumlah bertambah banyak." (Tafsir Ibni Katsir)

3. At Tark (Pembebasan)

Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 237, yang berbunyi:

    وَإِنْ طَلَّقْتُمُوهُنَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ تَمَسُّوهُنَّ وَقَدْ فَرَضْتُمْ لَهُنَّ فَرِيضَةً فَنِصْفُ مَا فَرَضْتُمْ إِلَّا أَنْ يَعْفُونَ أَوْ يَعْفُوَ الَّذِي بِيَدِهِ عُقْدَةُ النِّكَاحِ

Artinya: "Jika kamu menceraikan isteri-isterimu sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya, maka bayarlah seperdua dari mahar yg telah kamu tentukan itu, kecuali jika isteri-isterimu itu membebaskan atau dibebaskan oleh orang yg ikatan nikah ada ditangannya." (QS. Al Baqarah 237)

Adh Dhahak memberikan komentar tentang ayat,

    إِلَّا أَنْ يَعْفُونَ

Beliau berkata,

    المرأة تترك الذي لها

Artinya: "Yaitu seorang istri yg membebaskan apa yg menjadi haknya."

Mujahid memberikan tafsir senada,

    تترك المرأة شطرها

"Istri membebaskan separuh mahar yg menjadi haknya." (Tafsir Ath Thabari Surat Al Baqarah: 237) 

4. Al Maghfirah Washshafhah (Ampunan dan permaafan)

Allah SWT berfirman dalam surah Al Imran ayat 158, yang berbunyi

    إِنَّ الَّذِينَ تَوَلَّوْا مِنْكُمْ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ إِنَّمَا اسْتَزَلَّهُمُ الشَّيْطَانُ بِبَعْضِ مَا كَسَبُوا ۖ وَلَقَدْ عَفَا اللَّهُ عَنْهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yg berpaling di antaramu pada hari bertemu dua pasukan itu, hanya saja mereka digelincirkan oleh syaitan, disebabkan sebagian kesalahan yang telah mereka perbuat (di masa lampau) dan sesungguhnya Allah telah memberi maaf kepada mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun." (QS. Al Imran: 158)

Imam Ath Thabari memberikan penjelasan terhadap kalimat,

    ولقد عفا الله عنهم

Beliau berkata,

    ولقد تجاوز الله عن عقوبة ذنوبهم فصفح لهم عنه

Artinya: "Sungguh Allah telah memaafkan hukuman dan dosa-dosa mereka kemudian Allah memberi ampunan kepada mereka." (Tafsir Ath Thabari)

Jawaban Afwan

Lantas, seperti apa jawaban dari kata Afwan? Jadi, saat ada seseorang yang mengucapkan Afwan kepada kita, maka kita bisa menjawabnya dengan Labasa artinya "tidak apa-apa". Atau bisa juga ditambahkan dengan kata "na'am", menjadi na'am labasa berarti "iya tidak apa-apa".

Pertanyaan Seputar Afwan

Berdasarkan penelusuran kami di forum-forum Islam online banyak yang bertanya mengapa ucapan "syukron" (terima kasih) sering dijawab dengan Afwan. Padahal, Afwan memiliki arti "maaf". Jadi, ketika seseorang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang kita lakukan, kita membalasnya dengan kata "afwan".

Sebagaimana yang disebutkan di atas, Afwan artinya maaf, namun jika dipahami lebih dalam lagi, sebenarnya dari kata "afwan"  kita diajarkan tentang sifat kerendahan hati atau tidak sombong. Kita tidak boleh memiliki sikap sombong terkait kebaikan yang telah kita berikan kepada seseorang.

Afwan adalah kata yang mencerminkan bahwa pertolongan yang kita lakukan masih jauh dari kesempurnaan. Mungkin, masih banyak kekurangan dari pertolongan yang telah kita lakukan. Itulah sebabnya kita menggunakan balasan Afwan terhadap ucapan syukron.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa "afwan" juga bisa berarti harapan agar nikmat yang disyukuri diperbanyak. "Afwan" juga berarti "mengabaikan" atau merasa tidak perlu mendapatkan penghormatan berupa ucapan syukur, karena yang patut mendapatkan syukur hanya Allah SWT.

Afwan Jawaban Syukron

Menurut Adaileh, kata Afwan tidak hanya digunakan untuk memohon maaf saja, tetapi kata ini juga digunakan sebagai balasan dari seseorang yang berterimakasih.

Demikianlah penjelasan tentang Arti Afwan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Afwan: Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment