Learn Science With Ilmusiana

12+ Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan

Bisakah kamu sebutkan nama tumbuhan dan jenis gerakan yang dilakukan? Tanpa kita sadari, tumbuhan yang hidup disekeliling kita juga melakukan gerak. Mungkin, kamu akan bertanya, kalau memang tumbuhan juga bergerak, kok kita tidak melihat gerakannya? Yah, sebagian besar gerak dari tumbuhan tidak bisa dilihat langsung oleh mata, karena gerakan tumbuhan termasuk ke dalam gerak pasif.

Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan

Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan

Jadi, gerak pada tumbuhan berbeda dengan bentuk gerakan yang kita pahami selama ini, yaitu berpindah tempat. Gerak berpindah tempat itu disebut gerak aktif. Manusia dan hewan dapat melakukan gerakan ini. Gerak pada tumbuhan sangat bergantung kepada rangsangan dari luar, tetapi ada juga sebagian kecil dari gerak tersebut yang tidak membutuhkan rangsangan sama sekali.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan materi yang berkaitan tentang gerak pada tumbuhan, yaitu nama tumbuhan dan jenis gerakan yang dilakukan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang gerak tumbuhan semakin bertambah. 
Yuk, berikut ini ulasannya...

Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan

Berikut ini adalah beberapa nama tumbuhan dan jenis gerakan yang dapat dilakukan:

1. Akar Pohon Bakau (Gerak Geotropisme Negatif)

Tumbuhan yang bernama pohon bakau, bagian akarnya dapat melakukan gerak geotropisme negatif. Akar akan menuju ke atas, menjauhi pusat gravitasi bumi.

2. Bunga Pukul Empat (Gerak Fotonasti)

Tumbuhan yang bernama bunga pukul empat dapat melakukan gerakan fotonasti. Bagian bunganya akan mekar setiap pukul 4 sore.

3. Bunga Tulip (Gerak Termonasti)

Tumbuhan yang bernama tulip, bagian bunganya dapat melakukan gerakan termonasti. Saat suhu mulai menghangat di musim semi, bunga tulip akan mekar.

4. Daun Petai Cina (Gerak Niktinasti)

Tumbuhan yang bernama petai cina, bagian daunnya dapat melakukan gerakan niktinasti. Saat matahari mulai terbenam, daunnya akan menutup.

5. Akar Kaktus (Gerak Hidrotropisme)

Tumbuhan yang bernama kaktus, bagian ujung akarnya dapat melakukan gerak hidrotropisme. Ujung akar kaktus akan bergerak menuju sumber air.

6. Tanaman Mangga (Gerak Geotropisme)

Tumbuhan mangga yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, bagian akarnya dapat melakukan gerak geotropisme. Akar pohon mangga akan menghujam ke bawah menuju pusat gravitasi bumi.

7. Sulur Melon (Gerak Tigmotropisme)

Tumbuhan yang bernama melon, bagian sulurnya dapat melakukan gerak tigmotropisme. Sulur melon akan membelit tiang penyangga yang bersentuhan dengannya.

8. Sulur Mentimun (Gerak Tigmotropisme)

Tumbuhan yang bernama mentimun, bagian sulurnya dapat melakukan gerak tigmotropisme. Sulur mentimun akan membelit tiang penyangga yang menyentuhnya.

9. Putri Malu (Gerak Seismonasti)

Tumbuhan yang bernama putri malu, bagian daunnya dapat melakukan gerak seismonasti. Daun putri malu akan menutup saat ada getaran atau sentuhan.

10. Tumbuhan Venus (Gerak Seismonasti)

Tumbuhan yang bernama venus, bagian daunnya dapat melakukan gerak seismonasti. Daun venus akan menutup saat ada serangga yang hinggap.

11. Bunga Kertas (Gerak Fotoropisme)

Tumbuhan yang bernama bunga kertas dapat melakukan gerak fototropisme. Pertumbuhan batang bunga kertas cenderung menuju sumber cahaya.

12. Bunga Matahari (Gerak Fotonasti)

Tumbuhan yang bernama bunga matahari dapat melakukan gerak fotonasti. Bunga matahari selalu menghadap ke arah cahaya, contohnya matahari.

Demikianlah penjelasan tentang Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
12+ Nama Tumbuhan dan Jenis Gerakan yang Dilakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment