Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Keuntungan Mekanis dari Katrol Tetap Sebesar?

Tahukah kamu berapa keuntungan mekanis dari katrol tetap? Besar atau tidaknya keuntungan mekanis suatu katrol, ditentukan oleh jenis katrol yang digunakan. Sebagaimana yang diketahui, katrol adalah pesawat sederhana yang bisa digunakan untuk memudahkan usaha. 

Keuntungan Mekanis

Keuntungan Mekanis dari Katrol Tetap Sebesar?
Katrol banyak difungsikan untuk mengangkat benda-benda yang lebih berat dari gaya yang diberikan. Jadi, meskipun gaya yang kita keluarkan lebih kecil dari berat benda, tetapi benda akan terangkat berkat bantuan katrol. Contoh yang paling sederhana adalah untuk mengangkat air menggunakan timba dari sumur lebih ringan jika menggunakan katrol.

Dalam penerapannnya, katrol terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki keuntungan mekanis yang berbeda. Jenis katrol tersebut adalah katrol tetap, katrol bergerak, dan sistem katrol (gabungan katrol tetap dan katrol bergerak).

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang keutungan mekanis dari katrol tetap. Selain itu kami juga akan menjelaskan keuntungan mekanis dari jenis katrol lainnya. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Kentungan Mekanis Katrol Tetap

Ternyata, keuntungan mekanis dari katrol tetap sebesar 1. Mengapa demikian? Pada katrol tetap, beban ditahan oleh tali penahan. Jika gaya kuasa (F) dikerjakan, maka besarnya akan sama dengan berat beban (w). Itulah sebabnya mengapa sehingga keuntungan mekanis katrol tetap adalah 1.  

Rumus keuntungan mekanis katrol tetap adalah:

w / F = 1

Jadi, tidak terjadi perubahan besar gaya pada katrol tetap, tetapi hanya terjadi perubahan arah gaya yang bertujuan untuk mempermudah usaha atau pekerjaan manusia. Jadi, katrol tetap berfungsi untuk mengubah arah gaya dengan tujuan mempermudah usaha.

Keuntungan Mekanis Katrol Lainnya

  1. Katrol Bebas (bergerak) adalah katrol yang memiliki panjang lengan kuasa dua kali panjang lengan beban. Sehingga, keuntungan mekanis katrol bebas adalah 2
  2. Katrol majemuk adalah katrol gabungan antara katrol tetap dan katrol bebas. Keuntungan mekanis dari katrol majemuk ditentukan oleh jumlah katrol yang digunakan. Katrol majemuk paling sederhana memiliki keuntungan mekanis sebesar 3.
Demikianlah penjelasan tentang Keuntungan Mekanis Katrol Tetap. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Keuntungan Mekanis dari Katrol Tetap Sebesar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment