Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mampu Memakai Dua Bahasa Dengan Baik

Disebut apakah orang yang mampu memakai dua bahasa dengan baik? Manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dengan sesamanya. Bahasa merupakan simbolisasi makna agar maksud kita tersampaikan. Setiap orang, sekurang-kurangnya pasti menguasai 1 bahasa yang digunakan untuk berbicara dengan orang lain, bahasa tempat ia lahir dan tumbuh, atau bahasa yang berlaku di lingkungan tempat tinggalnya.

Mampu Memakai Dua Bahasa Dengan Baik

Mampu Memakai Dua Bahasa Dengan Baik

Tetapi, beberapa orang ada yang menguasai sampai dua bahasa, atau lebih. Penguasaan bahasa lain selain dari bahasa ibu biasanya didapatkan melalui jalan pembelajaran khusus tentang bahasa. Mereka sengaja mempelajari bahasa lain untuk menambah perbendaharaan penguasaan bahasa. Semakin banyak bahasa yang bisa dikuasai, artinya semakin luas lagi jangkauan komunikasi yang bisa dilakukan.

Lantas, disebut apakah orang yang mampu memakai dua bahasa dengan baik? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang istilah yang disematkan pada orang yang memakai dua bahasa dengan baik. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang bahasa semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Mampu Menguasai Dua Bahasa dengan Baik

Ternyata, mampu memakai dua bahasa dengan baik disebut bilingual. Kata bilingual merupakan serapan dari kata bahasa Inggris, bilingual. Jadi, penyerapannya secara utuh. Kata itu berarti "mampu mengenal dua bahasa dengan baik atau mampu memakai dua bahasa". Orang bilingual adalah orang yang mampu berbicara dan memahami tutur dua bahasa atau lebih dalam kehidupan sehari-hari secara bergantian sesuai keperluan.

Menurut Bloomfield, seseorang disebut bilingual apabila dapat menggunakan konsep bahasa 1 dan bahasa 2 dengan derajat yang sama baiknya. Penutur bilingual ini akan memiliki makna (rujukan) yang sama untuk simbol-simbol yang dipertukarkan dalam dua bahasa, karena dia dilibatkan pada dua bahasa dalam waktu dan suasana yang sama

Contoh Menguasai Dua Bahasa (Bilingual)

Seseorang bisa disebut bilingual bila menguasai dua bahasa, misalnya:
  • Bahasa Indonesia - Inggris
  • Bahasa Indonesia - Arab
  • Bahasa Indonesia - Mandarin
  • Bahasa Indonesia - Jepang
  • dan lain-lain
Demikianlah penjelasan tentang Mampu Memakai Dua Bahasa Dengan Baik. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mampu Memakai Dua Bahasa Dengan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment