Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Alat Untuk Memutar Sekrup

Tahukah kamu apa nama alat untuk memutar sekrup? Sekrup adalah salah satu komponen yang sering kita gunakan dalam kehidupan seharinya. Fungsinya adalah untuk merekatkan atau menahan dua buah objek secara bersama-sama. Sekrup berbentuk batang atau tabung, ujungnya runcing, dan permukaannya dilengkapi dengan alur heliks. Sekrup bekerja berdasarkan prinsip bidang miring, sehingga bisa dikategorikan sebagai pesawat sederhana.

Memutar Sekrup

Alat Untuk Memutar Sekrup

Ketika digunakan untuk merekatkan dua objek, sekrup ditancapkan pada salah satu objek, kemudian diputar menggunakan alat. Seluruh batang sekrup akan masuk dan menembus salah satu objek untuk masuk dan menancap lagi ke objek kedua. Sebagian besar sekrup direkatkan dengan cara diputar searah jarum jam. Sedangkan, untuk melonggarkannya diputar ke arah sebaliknya.

Lantas, apa nama alat untuk memutar sekrup? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan alat yang digunakan untuk memutar sekrup. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang pemutar sekrup semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Alat Untuk Memutar Sekrup

alat pemutar sekrup

Ternyata, alat yang digunakan untuk memutar sekrup adalah obeng. Alat ini berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup. Ada beberapa jenis obeng yang digunakan untuk memutar sekrup. Di Indonesia, jenis yang sangat umum adalah obeng kembang atau plus (+) dan obeng minus (slotted). Di negara-negara lain, ada juga obeng bintang segi enam (torx), segi enam (hex), dan kotak (robertson).

Cara Memutar Sekrup

Adapun cara untuk memutar sekrup menggunakan obeng adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu jenis sekrup yang akan dibuka. Apakah kepalanya berbentuk plus atau minus.
  2. Ambil obeng yang sesuai dengan sekrup yang akan diputar, plus atau minus
  3. Tancapkan mata obeng ke kepala sekrup, tekan dengan kekuatan yang cukup agar ujung sekrup menancap pada objek
  4. Jaga sekrup agar berdiri tegak atau tidak miring, kemudian putar obeng searah jarum jam, sambil terus ditekan
  5. Teruskan, sampai seluruh badan sekrup masuk ke dalam objek
Demikianlah penjelasan tentang Alat Untuk Memutar Sekrup. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Untuk Memutar Sekrup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment