Learn Science With Ilmusiana

2019+ Satuan Panjang: Baku, Tidak Baku, dan Konversi (Terbaru)

Tahukah kamu apa saja satuan panjang yang baku dan tidak baku? Panjang adalah salah satu besaran yang dikenal dalam sains, khususnya fisika. Panjang dimasukkan ke dalam anggota besaran pokok karena sifatnya yang ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Tetapi sebaliknya, dari besaran panjang kita bisa menurunkan besaran-besaran lainnya. Ada banyak contoh besaran yang bentuk dari 2 atau lebih besaran panjang.

Berbicara tentang besaran, maka kita pasti akan membicarakan juga tentang satuan. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan, keduanya saling terkait memberi makna satu sama lain. Selain dengan angka, besaran juga harus dinyatakan dengan satuannya, sebab jika tidak maka besaran tersebut akan kehilangan maknanya. 

Begitupun halnya dengan besaran panjang, besaran ini juga memiliki satuan yang akan selalu diikutkan ketika kita menyatakan besaran panjang. Olehnya itu, pengetahuan tentang satuan besaran panjang mutlak diperlukan agar kita bisa menyatakan besaran ini dengan baik dan benar.

Lantas, apa nama satuan besaran panjang? Satuan panjang terbagi atas dua kelompok, yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang kedua kelompok satuan panjang ini. Selain itu, kami juga akan menginformasikan materi-materi yang terkait dengannya, seperti: pengertian, sejarah, macam-macam satuan panjang, dan konversi satuan panjang.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Apa Itu Satuan?

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, maka ada baiknya terlebih dahulu kita tegaskan kembali apa itu satuan. Apa yang dimaksud dengan satuan? Secara umum, satuan sering didefinisikan sebagai sesuatu yang menyertai besaran. Fungsinya adalah sebagai pembanding yang digunakan dalam pengukuran. Sehingga, dalam referensi yang lain, satuan didefinisikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk membandingkan ukuran suatu besaran.

Selain itu, satuan sering juga diartikan sebagai sesuatu yang menyatakan hasil pengukuran. Satuan terbagi ke dalam dua jenis, yaitu satuan baku dan satuan tidak baku. Berikut ini penjelasan dari keduanya:

1. Satuan Baku

Apa yang dimaksud dengan satuan baku? Jadi, satuan baku adalah satuan yang diakui secara internasional. Satuan ini telah melewati proses penetapan secara internasional yang disebut dengan satuan Sistem Internasional (International System of Units). Satuan baku didapatkan dari hasil pengukuran dengan alat ukur yang baku. Suatu satuan dikatakan baku apabila memiliki nilai yang tetap, berlaku luas, dan mudah ditiru.

Di dunia internasional, satuan baku dinyatakan dalam tiga cara sistem satuan, yaitu:
  • Satuan MKS (Meter, Kilogram, dan Sekon) atau dikenal sebagai sistem meterik
  • Satuan CGS (Centimeter, Gram, dan Sekon) atau dikenal sebagai sistem gaussian
  • Satuan British (Feet, Slug, dan sekon)

2. Satuan Tidak Baku

Apa yang dimaksud dengan satuan tidak baku? Satuan tidak baku adalah kebalikan dari satuan baku, yaitu satuan yang tidak melalui penetapan secara internasional. Meskipun begitu, satuan ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah kegiatan pengukuran manusia, karena satuan inilah yang pertama kali digunakan sebelum dunia ilmiah berkembang. Satuan ini memiliki nilai yang tidak tetap, berlaku untuk daerah tertentu saja, dan sulit ditiru.

Apa itu Panjang?

Apa yang dimaksud dengan panjang? Panjang adalah suatu besaran pokok yang dapat diartikan sebagai dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering melakukan pengukuran panjang. Pengukuran besaran panjang dapat dilakukan dengan menggunakan mistar, meteran, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

Satuan Panjang

Lantas, apa satuan dari besaran panjang? Satuan panjang dibedakan menjadi satu panjang baku (standar) dan satuan panjang tidak baku.

1. Satuan Panjang Baku (Standar)

Satuan panjang baku menurut standar internasional adalah meter. Pada awal abad ke-18, satu meter didefinisikan sebagai 1/10.000.000 dari jarak antara garis khatulistiwa ke kutub utara bumi. Kemudian setelah itu, aturan ini direvisi yang menyatakan bahwa standar meter internasional adalah panjang sebuah batang yang terbuat dari campuran platina-iridium yang disebut dengan meter standar. Meteran standar platina-iridium ini disimpan di Sevres, dekat kota Paris, Prancis. Satu meter didefinisikan sebagai jarak antara dua goresan pada meter standar diukur pada suhu 0 derajat celsius.

Setelah itu, pada tahun 1960 definisi ini direvisi lagi menjadi satu meter adalah 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas Krypton-86 atau laser krypton di dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik.

Kemudian, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, definisi satu meter standar terus diperbaiki, dan diubah menjadi satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya di dalam ruang hampa pada selang waktu 1/299.792.458 sekon, dengan anggapan bahwa kecepatan cahaya di dalam ruang hampa selalu konstan, yaitu sebesar 299.792.458 m/s. Inilah meter standar yang terus digunakan hingga kini.

2. Satuan Panjang Tidak Baku

Satuan tidak baku untuk besaran panjang adalah depa, jengkal, dan hasta. Satuan ini tidak diakui secara internasional sehingga penggunaannya terbatas. Satuan-satuan ini menjadi tidak baku karena nilainya yang tidak tetap atau berubah-ubah. Misalnya, kita ambil contoh jengkal, di mana tidak semua orang memiliki nilai jengkal yang sama besarnya. Sehingga, sangat sulit untuk mendapatkan nilai pengukuran yang sama.

Macam-Macam Satuan Panjang

Macam-macam satuan panjang yang akan kita bahas di sini adalah jenis-jenis satuan panjang baku atau standar yang berlaku secara internasional. Jadi, kami tidak akan memasukkan satuan panjang yang tidak baku. Apa saja macam-macam satuan panjang itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Meter

Meter adalah satuan yang paling umum digunakan untuk menyatakan besaran panjang. Meter standar yang digunakan sekarang adalah hasil perbaharuan yang dilakukan pada tahun 1983, yaitu jarak yang ditempuh cahaya di dalam ruang hampa pada selang waktu 1/299.792.458 sekon. Satuan-satuan lain yang berbasis meter adalah:
  • Kilo Meter (Km) = 1.000 meter
  • Hekto Meter (Hm) = 100 meter
  • Deka Meter (Dam) = 10 meter
  • Meter (m) = 1 meter
  • Desi Meter (Dm) = 0,1 meter
  • Centi Meter (Cm) = 0,01 meter
  • Mili Meter (mm) = 0,001 meter
Satuan basis meter dengan skala yang lebih besar:
  • Mega Meter (Mm) = 106 meter
  • Giga Meter (Gm) = 109 meter
  • Tera Meter (Tm) = 1012 meter
  • Peta Meter (Pm) = 1015 meter
  • Eksa meter (Em) = 1018 meter
  • Zeta Meter (Zm) = 1021 meter
  • Yota meter (Ym) = 1024 meter
Satuan basis meter dengan skala yang lebih kecil:
  • Mikro Meter (μm) = 10-6 meter
  • Nano Meter (nm) = 10-9 meter
  • Piko Meter (pm) = 10-12 meter
  • Femto Meter (fm) = 10-15 meter
  • Atto Meter (am) = 10-18 meter
  • Zepto Meter (zm) = 10-21 meter
  • Yokto Meter (ym) = 10-24 meter

2. Kaki (Feet)

Besaran panjang sering juga dinyatakan dalam satuan kaki (feet). Satuan ini populer digunakan di Amerika Serikat dan Britania Raya. Di Indonesia sendiri, satuan kaki sering digunakan dalam dunia dirgantara untuk mengukur ketinggian pesawat terbang. Jika dikonveri ke dalam satuan meter, maka:

1 kaki (feet) = 0,3048 meter

3. Inci

Selain kaki, satuan panjang yang juga sering digunakan adalah inci atau dim. Satuan panjang yang satu ini populer digunakan di Inggris dan Swedia. Menurut sejarahnya, inci adalah jarak antara ujung ibu jari dengan ruas pertama ibu jari. Jika dikonversi ke dalam satuan meter, maka:

1 Inci = 0,0254 meter

4. Mil Laut

Satuan panjang yang lainnya adalah mil laut. Meskipun bukan bagian dari SI, tetapi satuan ini juga diterima penggunaannya secara internasional. Satuan ini digunakan untuk keperluan kelautan, contohnya mengukur jarak pelayaran dan penerbangan. Jika dikonversi ke dalam meter, maka:

1 Mil Laut = 1.852 meter

5. Mil Darat

Jenis satuan panjang yang lainnya adalah mil darat. Meskipun, sama-sama mengandung kata "mil", tetapi satuan ini berbeda nilainya dengan satuan mil laut. Jika dikonversi ke dalam meter, maka:

1 Mil darat = 1.609,344 meter

6. Yard

Satu lagi satuan panjang yang dikenal dalam dunia internasional, yaitu yard. Satuan Yard dikenal dalam unit imperial. Menurut sejarahnya, istilah Yard berasal dari sebutan untuk tangkai yang lurus atau ranting pohon. Satuan panjang Yard populer digunakan di Britania Raya. Jika dikonversi ke dalam meter, maka:

1 Yard = 0,9144 meter 

Konversi Satuan Panjang

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk melakukan konversi satuan panjang, yaitu tangga satuan dan rumus. Berikut ini penjelasan dari masing-masing cara ini:

1. Konversi Satuan Panjang dengan Tangga Satuan

Tangga satuan adalah tangga konversi yang sering digunakan untuk mengubah dari satu jenis satu panjang ke satuan panjang lainnya. Tangga satuan sering diaplikasi pada satuan yang berbasis meter. Anak tangga paling atas adalah kilometer (km), dan paling bawah adalah milimeter (mm). Berikut ini bentuk tangga satuannya:
Konversi Satuan Panjang dengan Tangga Satuan
Aturan yang berlaku pada tanggal konversi satuan panjang adalah jika pengubahannya mengarah ke bawah maka akan dikali dengan 10 setiap turun satu langkah. Artinya, jika turun 2 langkah, maka dikali 100, dan 1000 jika turun tiga langkah. Sebaliknya, jika naik 1 langkah maka dibagi 10, naik 2 langkah dibagi 100, begitu seterusnya.

Cara Menggunakan Tangga Konversi Satuan Panjang

Contohnya, kita akan mengubah suatu hasil pengukuran yang awalnya dinyatakan dalam satuan km dan akan diubah menjadi satuan meter. Caranya adalah sebagai berikut:
Cara Menggunakan Tangga Konversi Satuan Panjang
Gambar di atas adalah ilustrasi dari pengubahan satuan km ke satuan meter. Karena turun ke langkah ke bawah, maka dikali dengan 1.000. Sehingga, jika terdapat hasil pengukuran 1 km, maka jika diubah ke dalam meter menjadi:

1 km = 1 x 1000 = 1000 meter

Tetapi, jika contoh di atas diubah dari meter ke km, maka langkahnya akan ke atas, sehingga yang digunakan adalah pembagian 1.000. Jika ada soal tentang konversi dari meter ke km, maka jawabannya adalah:

1 meter = 1 / 1000 = 0,001 km

2. Konversi Satuan dengan Menggunakan Rumus

Tangga satuan efektif digunakan untuk satuan panjang dengan basis meter. Lantas, bagaimana dengan satuan panjang lainnya? Nah, kita bisa menggunakan rumus. Misalnya, kita akan melakukan konversi dari kaki ke meter, atau yard ke meter, atau inci ke meter, kita bisa melakukannya dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus. 

Syarat yang diperlukan adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa nilai 1 kaki / yard / inci dalam meter. Nilai tersebut akan dijadikan faktor pengali atau pembagi dalam rumus. Berikut ini nilainya:

1 kaki = 0,3048 meter
1 yard = 0,9144 meter
1 inci = 0,0254 meter

Contoh: berapakah jarak 5 kaki jika dinyatakan dalam satuan meter? Maka, jawabannya adalah:

Karena, 1 kaki = 0,3048 meter, maka
5 kaki = 5 x 0,3048 meter = 1,524 meter

Demikianlah penjelasan tentang Satuan Panjang. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2019+ Satuan Panjang: Baku, Tidak Baku, dan Konversi (Terbaru) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment