Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Sekelompok Orang Yang Hidup Berkelana

Di sebut apakah sekelompok orang yang hidup berkelana? Pertanyaan ini sering muncul di TTS dan brainly. Jawabannya pun telah ada, tetapi sebagian besar di antaranya hanya berupa jawaban singkat, tanpa penjelasan lanjutan. Padahal, penjelasan menjadi sangat penting agar kita bisa lebih memahami cara hidup berkelana dari sekelompok orang. 

Hidup Berkelana

Sekelompok Orang Yang Hidup Berkelana

Pastinya, pembaca dan sebagian besar orang lainnya, hidup dengan cara menetap di suatu tempat. Kita membangun rumah dan keluarga di suatu desa atau kota tertentu dalam sebuah negara. Tetapi, ada juga sekelompok orang yang memilih hidup berkelana. Mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ada motivasi tersendiri mengapa mereka hidup berkelana. Biasanya, cara hidup seperti itu tidak dilakukan oleh orang per orang, tetapi sekelompok orang. Mereka saling bekerja sama agar bisa bertahan hidup sambil berpindah-pindah. Bagi kita mungkin terasa sulit hidup seperti itu, tetapi bagi mereka hidup berkelana telah menjadi kebiasaan tersendiri.

Lantas, disebut apakah sekelompok orang yang hidup berkelana? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan sebutan atau istilah yang disematkan kepada sekelompok orang yang memilih hidup berkelana. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah. 

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Sekelompok Orang Yang Hidup Berkelana

Ternyata, sekelompok orang yang hidup berkelana disebut dengan nomad (5 huruf). Nomad adalah orang atau sekelompok orang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya karena keadaan logis, misalnya makanan yang menipis, ancaman bencana, atau menemukan tempat yang lebih baik lagi. Mereka adalah sekelompok orang yang tidak pernah hidup menetap (sedentarity), akan tetapi selalu berpindah-pindah wilayah dan teritorial. Cara hidup seperti ini disebut dengan nomaden (7 huruf)

Cara hidup seperti ini dilakukan pada masa-masa awal perkembangan manusia. Tetapi, meskipun zaman semakin maju, ternyata masih ada sekelompok orang yang bertahan dengan cara hidup berkelana. Beberpa contohnya adalah Suku Tlingit di Amerika Serikat, Suku Kochi di Afghanistan, dan Suku Badui di Arab.

Orang Yang Hidup Berkelana

Sebenarnya, ada dua istilah yang disematkan kepada sekelompok orang yang hidup berpindah-pindah. Keduanya dibedakan berdasarkan medan tempat mereka berpindah. Selain nomad, ada juga yang disebut dengan gipsi.
  • Nomad: kelompok atau orang yang memilih hidup berkelana dari suatu tempat ke tempat lain di padang pasir atau daerah bermusim dingin daripada menetap di suatu tempat.
  • Gipsi: orang atau sekelompok orang yang berkelana tetapi bukan di padang pasir atau daerah bermusim dingin 
Demikianlah penjelasan tentang Sekelompok Orang Yang Hidup Berkelana. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya.Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Sekelompok Orang Yang Hidup Berkelana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment