Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Apa Yang Dimaksud Dengan E-budgeting?

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan e-budgeting? Mungkin, kamu pernah mendapatkan pertanyaan ini dari gurumu. E-budgeting bukanlah sebuah istilah yang asing di telinga kita, istilah ini sering disebutkan di media. Apalagi, sejak Ahok menerapkannya di Jakarta ketika masih menjabat sebagai gubernur, istilah e-budgeting semakin ramai disebut, lengkap dengan segala pro dan kontranya.

E-budgeting

Apa Yang Dimaksud Dengan E-budgeting

Sederhananya, e-budgeting merupakan istilah yang berkaitan dengan keuangan atau cara mengatur keuangan. Di pemerintahan, disebut dengan penganggaran. E-budgeting menjadi salah satu metode yang diterapkan untuk mengatur atau mengelola keuangan suatu badan atau instansi, baik pemerintah maupun swasta. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan e-budgeting? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang apa itu e-budgeting. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang e-budgeting semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Apa Yang Dimaksud Dengan E-budgeting?

E-budgeting adalah singkatan dari Electronic Budgeting. Dalam bahasa Indonesia, electronic budgeting (e-budgeting) berarti sistem penganggaran berbasis elektronik. E-budgeting merupakan sistem penyusunan anggaran yang di dalamnya meliputi aplikasi program komputer berbasis web. E-budgeting berfungsi untuk memfasilitasi proses penyusunan anggaran keuangan.

Dalam sistem e-budgeting, terdapat beberapa item pendukung yang menunjang keberhasilan e-budgeting. Item tersebut adalah e-project, e-delevery, dan e-controlling. E-budgeting merupakan sistem yang dibuat secara online agar dapat diakses oleh siapa saja. Jadi, e-budgeting dibuat dengan tujuan transparansi.

Manfaat E-Budgeting

Manfaat e-budgeting atau electronic budgeting adalah untuk mengatasi kekurangan dari penyusunan anggaran yang lakukan secara manual. Ditinjau dari sudut pandang pengelolaan keuangan, e-budgeting merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi dari pemerintah (daerah).

Penyusunan data keuangan menjadi lebih efisien berkat adanya e-budgeting. Selain itu, sistem ini juga bisa mencegah terjadinya penganggaran yang tidak efisien. Bahkan, sistem ini juga bisa digunakan untuk memberantas anggaran-anggaran siluman.

Demikianlah penjelasan tentang Apa Yang Dimaksud Dengan E-Budgeting. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Apa Yang Dimaksud Dengan E-budgeting? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment