Learn Science With Ilmusiana

Arti Ar Rahman: Makna dan Kandungan (Lengkap)

Tahukah kamu apa arti Ar Rahman (الرَّحْمَٰنُ)? Dalam seri 99 Asmaul Husna, Ar Rahman adalah salah satu diantaranya. Kata Ar Rahman sering disebutkan dalam rangkaian ayat-ayat Al Quran, bahkan Ar Rahman juga menjadi salah satu nama surat di dalam Al Qur'an, tepatnya surat ke-55. Kata ini sering disandingkan dengan Ar Rahim, meskipun keduanya memiliki arti yang berbeda. Biasanya setelah Ar-Rahman langsung disambung dengan Ar- Rahim, seperti dalam ucapan basmalah.

Ar Rahman (الرَّحْمَٰنُ)

Arti Ar Rahman: Makna dan Kandungan (Lengkap)
Supaya bisa meresapi makna dan kandungan Ar Rahman, maka kita harus mengetahui Ar Rahman artinya apa. Telah banyak penjelasan dari para ulama mengenai arti dari Ar Rahman. Sebagai umat muslim, kita wajib mengetahui makna atau arti dari Ar Rahman agar kita bisa semakin menyadari keagungan sang pencipta, Tuhan alam semesta, Allah SWT.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan arti Ar Rahman. Setelah mengetahui Ar Rahman artinya apa, kami akan menjelaskan juga tentang makna dan kandungan dari  Ar Rahman. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang Ar Rahman semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Arti Ar Rahman (الرَّحْمَٰنُ)

Ar Rahman adalah salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yang mengandung arti "Maha Pengasih". Kata Ar Rahman sering juga diartikan sebagai "Maha Pemurah". Allah Ar Rahman artinya Allah Maha Pengasih kepada semua makhluk. Bukan hanya kepada manusia, tetapi juga kepada binatang, tumbuh-tumbuhan, dan makhluk lainnya yang ada di alam ini.

Meneladani nama dan sifat Allah Ar-Rahman, berarti kita harus mengasihi seluruh makhluk. Kita harus mengasihi sesama manusia. Tidak boleh menyakiti binatang, seperti melemparnya dengan batu. Kita pun tidak boleh merusak tanaman, seperti mencabutnya.

Perbedaan Ar Rahman dengan Ar Rahim 

Ada beberapa pendapat mengenai perbedaan antara Ar Rahman dengan Ar Rahim. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Pendapat Pertama

Dalam bahasa Arab, kata Rahman memakai bentuk bermakna "sangat", diistilahkan dengan shigat mubalagah, mengikuti rumus fa'lan. Bentuk tersebut berarti "sangat", tetapi berubah-ubahm naik turun. Hal ini berarti, Allah adalah Tuhan yang sangat pengasih, namun kasih sayangnya berbanding lurus dengan tingkat ketaatan seseorang. Semakin taat seseorang kepada Allah, maka orang tersebut semakin disayang Allah. Sebaliknya, apabila menjauh dari Allah, maka kasih sayang Allah juga akan berkurang, bahkan bisa berubah menjadi benci.

Perbedaannya dengan Ar Rahim adalah Rahim memakai rumus fa'il yang bermakna abadi atau selamanya. Jenis kasih sayang Allah yang satu ini bersifat abadi, tidak naik atau turun. Rahim akan didapatkan oleh hamba-hamba Allah saat berada di surga kelak.

Pendapat Kedua

Pendapat kedua mengenai perbedaan antara Ar Rahman dengan Ar Rahim adalah mengatakan bahwa Ar Rahman bermakna kasih sayang yang meliputi seluruh makhluk di dunia, dan bagi mukminin di akhirat. Sedangkan, Ar Rahim memiliki makna kasih sayang Allah bagi mukminin di hari kiamat nanti.

Pendapat Ketiga

Pendapat ketiga mengenai perbedaan Ar Rahman dengan Ar Rahim adalah kata Ar Rahman berarti kasih sayang Allah yang bersifat luas dan diberikan kepada seluruh makhluknya. Sedangkan, kata Ar Rahim bermakna kasih sayang Allah yang hanya diberikan kepada hamba-Nya yang beriman.

Demikianlah penjelasan tentang Arti Ar Rahman. Bagikan penjelasan ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Ar Rahman: Makna dan Kandungan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment