Learn Science With Ilmusiana

Arti Biidznillah: Makna dan Contoh (Lengkap)

Tahukah kamu apa arti biidznillah? Bagi kamu yang belum mengetahui biidznillah artinya apa, silahkan baca artikel ini sampai tuntas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar orang mengucapkan kata biidznillah. Kata ini kadang diikutkan mengiringi kata-kata lainnya dalam percakapan.

Biidznillah

Arti Biidznillah: Makna dan Contoh (Lengkap)
Contohnya: biidznillah, semoga terwujud apa yang dicita-citakan. Ini adalah salah satu contoh penggunaan kata biidznillah. Dari sini, kita bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai arti atau makna dari kata biidznillah. Ucapan tersebut mirip sebuah doa.

Jadi, sebenarnya apa arti biidznillah? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang arti dari biidznillah, beserta makna dan contoh penggunaannya dalam percakapan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang biidznillah semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Biidznillah

Biidznillah (بِإِذْنِ اللَّهِ) adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "Atas Izin Allah". Ucapan ini sebagai bentuk doa atau permohonan kepada Allah SWT, mengharapkan bantuan atas segala upaya yang telah dilakukan. Ucapan biidznillah berarti kita melakukan sesuatu atas izin Allah SWT. Kita menghadirkan Allah dalam setiap aktivitas yang akan kita lakukan.

Perbedaan Biidznillah dengan Isyaallah

Sekilas jika diperhatikan, maka biidznillah hampir sama artinya dengan Insyaallah (jika Allah mengizinkan). Namun, dilihat dari ilmu gaya bahasa (balaghagh), perbedaan setipis ini memiliki makna yang sangat besar. Ucapan biidznillah bersifat khusus dan menunjukkan pengharapan besar. Sedangkan, Insyaallah sifatnya lebih umum. 

Misalnya, saat seseorang berkata kepada kita: "Jangan lupa yah, besok pagi hadir", maka kita bisa menjawabnya "Yah, Insyaallah". Tetapi, jika contoh tersebut dilanjutkan, misalnya: "Jangan lupa yah, besok pagi materinya harus menarik buat peserta", maka jawaban yang cocok adalah "Yah, biidznillah".

Makna Biidznillah

Dengan mengucapkan biidznillah, maka kita memohon kepada Allah SWT agar sesuatu terjadi seperti yang kita harapkan. Karena itulah kita tidak boleh takabur dengan meyakini sesuatu akan terjadi atau tidak terjadi. Biasakanlah memohon kepada Allah dan meminta izin dalam perkara besar maupun kecil. 

Ucapan biidznillah bukan sekedar ucapan pengharapan, tetapi ucapan itu menunjukkan kesungguhan kita untuk melibatkan Allah dalam setiap urusan yang kita lakukan. Biidznillah hanya dari kehendak-Nya lah segala sesuatu yang ada di bumi ini, baik dari hal kecil, maupun hal besar.

Contoh Penggunaan Biidznillah

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan ucapan biidznillah dalam kehidupan sehari-hari:
  • Alhamdulilah dengan biidznillah banyak orang yang sudah terbantu dengan uang tersebut.
  • Biidznillah semua bisa terwujud 
  • Insyaallah biidznillah semuanya akan baik-baik saja
  • Biidznillah dengan keteguhan hatinya ia tetap memegang agamanya
  • Biidznillah, dengan segala kelemahan dan kekurangan
Demikianlah penjelasan tentang Arti Biidznillah. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Biidznillah: Makna dan Contoh (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment