Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah?

Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan adalah? Beginilah bunyi pertanyaan para pelajar di forum pembelajaran online. Pilihan jawabannya adalah:
  • A. Pertumbuhan ekonomi tinggi secara berkelanjutan
  • B. Menjadikan laut satu satunya sumber pendapatan nasional
  • C. Terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan
  • D. Menjadikan laut sebagai pemersatu dan tegaknya kelautan bangsa
Menurut kamu, mana di antara pilihan di atas yang menjadi jawabannya? Hati-hati, pertanyaan ini bisa mengecoh jika kalian tidak teliti membacanya. Pada redaksi soal di atas, terdapat kata "yang bukan", kata ini semakna dengan "kecuali".

Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah

Artinya, pelajar diminta untuk memilih jawaban yang bukan tujuan pembangunan kelautan. Untuk menjawabnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja tujuan pembangunan kelautan. Setelah itu, carilah pada pilihan di atas yang tidak disebutkan dalam tujuan pembangunan kelautan.

Baiklah, mari kita bahas terlebih dahulu tujuan pembangunan kelautan.

Tujuan Pembangunan Kelautan

Sekurang-kurangnya, ada empat tujuan pembangunan kelautan, antara lain sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Ekonomi Tinggi Secara Berkelanjutan

Salah satu tujuan pembangunan kelautan adalah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan, khususnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat nelayan lokal.

2. Memelihara Kelestarian Lingkungan dan Sumber Daya Kelautan

Tujuan selanjutnya adalah untuk memeliharan kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan. Tujuan ini bisa dicapai dengan cara melakukan eksploitasi laut yang berwawasan lingkungan.

3. Menjadikan Laut Sebagai Pemersatu

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut. Salah satu tujuan pembangunan kelautan adalah menjadikan laut tersebut sebagai alat pemersatu bangsa.

4. Pengembangan Sektor Pariwisata yang Unggul

Selain potensi kekayaan berupa ikan, laut juga menyimpan potensi lainnya, yaitu pariwisata. Wisata laut bisa dikembangkan di Indonesia sebagai negara yang memiliki luas wilayah laut yang besar.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan "Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan?", maka jawabannya adalah pilihan B (Menjadikan laut satu-satunya sumber pendapatan nasional). Pilihan B tidak ada dalam penjelasan tujuan pembangunan kelautan di atas.

Demikianlah penjelasan tentang Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
[Jawaban] Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment