Learn Science With Ilmusiana

7+ Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah

Bisakah kamu sebutkan apa saja kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah? Bumi ini tidak hanya dihuni oleh manusia, tetapi ada juga makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Di sekitar kita, ada banyak jenis hewan dan tumbuhan. Keanekaragaman spesies tersebut menjadi kekayaan tersendiri bagi kehidupan di bumi ini.

Kepunahan Hewan

Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah

Dari sekian banyak spesies hewan, beberapa di antaranya ada yang terancam punah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena sebab alami dan bisa juga karena aktivitas manusia. Padahal, keberadaan hewan tersebut penting untuk dijaga demi terciptanya keseimbangan ekosistem. Sebagai makhluk yang dilengkapi akal dan pikiran, seharusnya menjadi kewajiban manusia untuk melakukannya.

Lantas, apa saja bentuk kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan seputar kewajiban-kewajiban yang penting dilakukan oleh manusia untuk mencegah kepunahan hewan. Semoga uraian ini bisa membangun kesadaran untuk menjaga keberlangsungan kehidupan hewan. 

Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah

Kewajiban-kewajiban yang bisa dilakukan manusia untuk mencegah kepunahan hewan, antara lain sebagai berikut:

1. Melarang perburuan liar

Contoh kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah adalah melarang perburuan liar. Aktivitas perburuan liar menjadi salah satu faktor terjadinya kepunahan hewan. Oleh karena itu, perburuan liar harus dilarang.

2. Memperluas wilayah hutan lindung

Hutan adalah tempat hidup yang paling disukai oleh hewan. Memperluas hutan lindung akan membuat ruang gerak hewan menjadi lebih banyak. Sehingga, kesempatan untuk berkembang biak menjadi lebih baik lagi.

3. Membudidayakan hewan langka

Pembudidayaan hewan-hewan langka bisa menjadi solusi mencegah terjadinya kepunahan hewan. Beberapa jenis hewan yang terancam punah, seperti gajah, badak, beruang, dan lain-lain penting untuk dibudidayakan agar populasinya meningkat.

4. Menjaga habitat hewan

Habitat hewan sangat penting untuk dijaga agar hewan bisa hidup dengan baik. Habitat menjadi faktor penunjang keberlangsungan kehidupan hewan. Oleh karena itu, salah satu kewajiban manusia adalah menjaga habitat hewan

5. Melarang Jual Beli Hewan Langka

Salah satu penyebab perburuan hewan langka adalah tingginya aktivitas jual beli terhadap hewan langka. Biasanya, hewan-hewan tersebut dijadikan sebagai hewan peliharaaan atau diubah menjadi hiasan. Kewajiban manusia adalah melarang aktivitas tersebut untuk mencegah kepunahan hewan.

6. Membuat aturan perlindungan hewan langka

Pembuatan aturan tentang perlindungan hewan langka sangat penting untuk dilakukan. Hal ini memberikan landasan hukum terhadap perlindungan hewan, khususnya hewan langka yang terancam punah.

7. Mengganti penggunaan bagian tertentu dari tubuh hewan dengan bahan sintesis

Ada banyak jenis hewan yang sering diambil bagian tubuhnya oleh manusia untuk berbagai jenis keperluan. Misalnya, kulit buaya sebagai bahan pembuatan sepatu atau gading gajah sebagai bahan perhiasan. Aktivitas tersebut harus dihentikan, sebagai gantinya manusia bisa mengembangkan bahan sintesis sebagai alternatif pengganti bahan-bahan tadi.

Demikianlah penjelasan tentang Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
7+ Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment