Learn Science With Ilmusiana

3+ Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan

Penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan mendapatkan banyak tantangan dan rongrongan. Ada banyak usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara yang dilakukan oleh beberapa kelompok, seperti PKI dan DI/NII.

Pancasila

Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan

Rentang tahun 1945-1949 dianggap sebagai masa awal kemerdekaan Indonesia. Masa ini merupakan masa di mana Pancasila mengawali fungsinya sebagai dasar negara Indonesia. Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia dalam Sidang I PPKI. 

Setelah ditetapkan, tugas selanjutnya adalah menerapkan Pancasila di segala bidang, mengingat fungsinya sebagai dasar negara. Di masa awal kemerdekaan, menjadi tantangan tersendiri untuk menjalankan Pancasila secara murni dan konsekuen. Indonesia pada saat itu hanyalah sebuah negara baru yang sedang belajar bernegara.

Tidak mudah untuk menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan. Pemerintah masih disibukkan oleh perlawanan-perlawanan yang datang dari para penjajah yang ingin kembali berkuasa di Indonesia. Selain itu, bibit-bibit pergolakan dalam negeri pun mulai muncul yang sangat mengganggu jalannya negara.

Lantas, bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara rinci bentuk-bentuk penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang Pancasila semakin bertambah. 

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan

Berikut ini adalah penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan Indonesia:

1. Demokrasi belum berjalan dengan baik

Pada masa awal kemerdekaan, kehidupan demokrasi sebagaimana yang dikehendaki oleh Pancasila belum berjalan dengan baik. Pada masa ini, negara Indonesia disibukkan untuk menangkal segala upaya penjajah yang berusaha merongrong kemerdekaan.

2. Kekuasaan Cenderung Tersentralisasi

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, kekuasaan sepenuhnya berpusat pada pemerintah. Penyebabnya adalah lembaga-lembaga seperti MPR, DPR, dan DPA belum terbentuk. Praktis, segala sesuatunya bergantung kepada Presiden. Dalam menjalankan tugasnya, Presiden dibantuk oleh KNIP.

3. Ada Upaya untuk Mengganti Pancasila

Ada beberapa upaya untuk mengganti dasar negara Pancasila dengan dasar yang lain. Upaya tersebut dilakukan oleh PKI dan DI/NII. PKI berupaya untuk menjadikan ideologi komunis sebagai dasar negara Indonesia. Sedangkan, DI/NII berupaya untuk menjadikan Islam sebagai dasar negara Indonesia.

Demikianlah penjelasan tentang Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment