Learn Science With Ilmusiana

Asal Negara Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis berasal dari negara India. Di sana permainan bulu tangkis dikenal dengan nama Poona. Permainan ini kemudian menyebar ke Inggris dibawa oleh para perwira sepulang bertugas dari India dan diberi nama Badminton.

Permainan bulu tangkis berasal dari negara

Terdapat beberapa versi sejarah yang menceritakan asal negara permainan bulu tangkis. Bahkan, ada yang menyebut bahwa versi kuno dari permainan ini telah dimainkan di Mesir sejak 2.000 tahun yang lalu. Namun, hampir tidak ditemukan catatan sejarah yang mendukung klaim ini. Sehingga, mayoritas pemerhati sejarah olahraga enggan memasukkan Mesir dalam rangkaian asal-usul permainan bulu tangkis. 

Selain Mesir, negara yang juga sempat disebut sebagai tempat asal permainan bulu tangkis adalah Tiongkok (China). Hal ini berdasarkan pengamatan pada salah satu olahraga asli Tiongkok yang bernama Jianzi. Namun, para ahli juga mengeliminasi Tiongkok sebagai negara asal bulu tangkis. Alasannya adalah meskipun permainan ini juga menggunakan kok, tetapi tidak menggunakan raket.

Lantas, permainan bulu tangkis berasal dari negara mana? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menceritakan asal-usul permainan bulu tangkis berdasarkan sejarah yang telah disepakati para ahli. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang permainan bulu tangkis semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Permainan Bulu Tangkis Berasal dari Negara

Ternyata, permainan bulu tangkis berasal dari negara India. Klaim ini didukung oleh banyak ahli atau sumber, beberapa di antaranya antara lain:
  • Encyclopedia Britannica terbitan 1911
  • Naskah Lawn Tennis, Croquet, Recquet etc
  • Buku PBSI (2004) pada bagian Misteri Badminton
Baiklah, berikut ini akan kami ceritakan secara singkat asal-usul permainan bulu tangkis:

Asal Usul Permainan Bulu Tangkis

Banyak referensi yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis berasal dari negara India. Sumber sejarah terbaik adalah pengakuran dari para tentara angkatan darat Inggris saat bertugas di India. Mereka menyaksikan penduduk India memainkan satu jenis olahraga yang menggunakan raket dan kok. Masyarakat India menyebut permainan ini dengan nama Poona. 

Para tentara Inggris kemudian membawa pulang permainan ini usai bertugas di India. Tiga orang yang paling berjasa memperkenalkan olahraga ini ke masyarakat Inggris adalah S. S. C. Dolby, J. H. E. Hart, Bagnet Wild, dan G. W. Vidal. Mereka di undang oleh Duke of Beaufort untuk menunjukkan permainan itu di Badminton House.

Dari istana inilah, permainan bulu tangkas menyebar ke seluruh Inggris dan Eropa. Para ahli menyebut bahwa penggunaan nama Badminton untuk olahraga bulu tangkis merujuk kepada nama istana ini. 

Pada kurun waktu 1893 telah banyak klub bulu tangkis yang berdiri di Inggris. Pada tahun 1898 diadakan turnamen terbuka di Guilford yang menjadi awal kompetisi bulu tangkis. Kemudian pada tahun 1899, kejuaraan bulu tangkis dunia All England untuk pertama kalinya dilaksanakan di London-Scottish Drill Hall, Buckingham Gate, London. 

Demikianlah penjelasan tentang Permainan bulu tangkis berasal dari negara. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Asal Negara Permainan Bulu Tangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment