Learn Science With Ilmusiana

Arti Allahumma Shoyyiban Nafi'an: Tulisan Arab (Lengkap)

Artikel ini berisi arti dan penjelasan doa "allahumma shoyyiban nafi'an wa rizqan" beserta tulisan Arabnya. Doa ini adalah doa minta turun hujan yang sering dibaca oleh umat muslim memohon kebaikan kepada Allah Swt ketika turun hujan. Banyak muslim yang membaca doa ini, khususnya ketika musim penghujan tiba.
Arti Allahumma Shoyyiban Nafi'an: Tulisan Arab (Lengkap)

Musim hujan didahului oleh musim kemarau berkepanjangan membuat penduduk negeri kepayahan. Persedian pangan hasil panen musim sebelumnya semakin menipis. Lahan pertanian yang ada sulit untuk digarap karena sumber-sumber air irigasi mengering. Bencana kelaparan seolah semakin tampak nyata mengancam setiap penduduk negeri. 

Di waktu inilah umat muslim sangat mengharapkan pertolongan Allah Swt. Mereka memohon agar Allah Swt segera menumpahkan airnya dari langit. Shalat Istisqa pun digelar, mereka memelas dengan segala kerendahan hati agar segera diturunkan hujan. Ketika hujan telah turun, mereka pun melantunkan doa "allahumma shoyyiban nafi'an".

Supaya dapat berdoa dengan baik, maka ada baiknya kita mengetahui arti dari allahumma shoyyiban nafi'an wa rizqan. Dengan begitu, kita dapat meresapi makna dari doa tersebut. Hal ini akan menciptakan rasa khusyu dalam berdoa. 
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Allahumma Shoyyiban Nafi'an adalah doa ketika turun hujan yang memiliki arti "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". Doa ini banyak dibaca oleh umat muslim di saat musim penghujan yang telah berlangsung lama. Berhari-hari hujan membasahi bumi, menimbulkan kekhawatiran timbulnya bencana, seperti banjir dan tanah longsor.

Allahumma Shoyyiban Nafi'an merupakan doa yang berisi permohonan kepada Allah Swt agar hujan yang turun adalah hujan yang mendatangkan manfaat. Hujan yang mendatangkan kebaikan bagi seluruh masyarakat. Bukan malah sebaliknya, hujan yang mendatangkan azab Allah.

Jika kita memperhatikan arti dari doa tersebut, maka dengan segera kita akan memahami bahwa doa ini berisi permintaan kepada Allah Swt agar menurunkan hujan yang bermanfaat, yaitu hujan yang mendatangkan kebaikan. Sebab, tidak bisa dipungkiri ada juga hujan yang mendatangkan bencana bagi manusia, misalnya banjir.

Dengan hujan yang bermanfaat, sumber air minum akan terisi, petani bisa menggarap sawahnya, ternak bisa minum sepuasnya, dan bumi pun hijau kembali. Semua ini terjadi atas kehendak Allah Swt, umat muslim dengan segala kerendahan hatinya memohon kepada Allah Swt melalui doa ketika turun hujan Allahumma Shoyyiban Nafi'an.   

Tulisan Arab Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Berikut ini adalah tulisan Arab doa minta hujan Allahumma Shoyyiban Nafi'an lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً 

Latin: Allahumma Shoyyiban Nafi'an  
Arti: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat  

Makna Allahumma Shoyyiban Nafi'an  

Ketika seorang hamba melantunkan doa Allahumma Shoyyiban Nafi'an, artinya di saat itu ia sangat mengharapkan hujan turun yang dari langit adalah hujan yang bermanfaat. Di musim penghujan seperti yang terjadi di tahun 2020 ini, layar kaca dihiasi oleh pemberitaan bencana banjir yang terjadi di mana-mana. Banyak wilayah tenggelam karena banjir, bahkan masyarakat pun diungsikan untuk menghindari banjir.

Meskipun pemerintah telah berupaya mengatasi bencana ini, tetapi kita menyadari bahwa upaya itu tidak bisa menyentuh masyarakat secara menyeluruh. Diperlukan kekuatan Maha Besar untuk mengatasi masalah ini. Kekuatan itu tidak lain dan tidak bukan ialah Allah Swt. Hanya Allah pemilik daya dan kekuatan yang mampu mengatasi masalah ini dalam sekejap.

Ketika seorang hamba memanjatkan doa ini dengan hati yang tulus dan ikhlas, maka Allah Swt akan mengijabah doa tersebut. Allah hanya akan menurunkan hujan yang bermanfaat, menghapus segala bencana yang mengancam manusia.

Hadits Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Dalil dari doa di atas terdapat dalam hadits Rasulullah Saw yang diceritakan oleh Aisyah r.a. Ia berkata, Nabi Saw ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan "Allahumma shoyyiban nafi'an" (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat).

Keberkahan dan Manfaat Saat Turun Hujan

Menurut Al-Qur'an dalam Surat Qaaf ayat 9 yang artinya:
Hujan merupakan air yang diturunkan dari langit dan penuh keberkahan. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." (QS. Qaaf:9).
Maksud dari keberkahan yaitu banyaknya kebaikan. Di antara dari keberkahan dan manfaat hujan adalah manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan yang sangat memerlukan hujan untuk kelangsungan hidup, sebagaimana Allah Swt berfirman yang artinya:
Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (QS. Al Anbiya':30)
Al-Baghowi menafsirkan dalam ayat tersebut yaitu:
Kami menghidupkan segala sesuatu menjadi hidup dengan air yang turun dari langit yaitu menghidupkan hewan, tanaman, dan pepohonan. Air hujan inilah sebab hidupnya segala sesuatu."

Amalan Ketika Turun Hujan

Berikut ini ada beberapa amalam ketika turun hujan:

1. Takut Datangnya Adzab ketika Mendung

Ketika saat mendung datang, Nabi Saw begitu khawatir: "jangan-jangan akan datang adzab dan kemurkaan Allah."

2. Membaca Doa Ketika Turun Hujan

Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, "Allahumma shoyyiban nafi'an" (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)"

3. Kesempatan Terbaik untuk Memanjatkan Doa

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan:
Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda, "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun."

Adab Ketika Turun Hujan

Berikut ini adalah beberapa adab ketika turun hujan:

1. Bertasyakkur

Tasyakkur artinya mensyukuri segala nikmat pemberian Allah Swt berupa hujan. Dengan hujan itu, bumi yang mati kembali menjadi hidup. Tanaman tumbuh dan berkembang, begitu juga dengan buah-buahan keluar secara lebat dengan warna dan rasa yang bermacam-macam.

2. Bertadabbur

Tadabbur artinya mengenali, menganalisa, menghayati, lalu membesarkan kekuasaan Allah Swt ketika terjadinya hujan, apalagi yang disertai dengan kilat atau petir.

3. Bertafakkur

Tafakkur artinya memikirkan segala kejadian yang terjadi kepada manusia, baik yang membawa kemanfaatan maupun yang menjadikannya bencana. Semua kejadian dalam alam ini adalah bukti tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah Swt.

4. Bertaatsur

Taatsur artinya terkesan dengan pelajaran Allah Swt yang disebutkan dalam ayat-ayat kauniyah sehingga semakin menebalkan iman atau keyakinan hati terhadap Allah Swt yang Maha Esa dan Maha Kuasa.

5. Berta'awwudz

Ta'awwudz artinya berlindung kepada Allah Swt dari segala hal yang bisa membaca bencana dan kemudharatan bagi umat manusia. Baca doa-doa perlindungan, semoga dijauhkan dari segala kejadian yang tidak diinginkan.

6. Bertaqarrub

Taqarrub artinya upaya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt sehingga Allah ta'ala benar-benar meridhai kehidupan kita di dunia dan di akhirat.

7. Bertaubat

Taubat artinya memohon ampun kepada Allah Swt atas segala kesalahan dan kekhilafan yang menimbulkan dosa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Serta, berjanji untuk tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang Allahumma Shoyyiban Nafi'an. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Arti Allahumma Shoyyiban Nafi'an: Tulisan Arab (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment