Learn Science With Ilmusiana

Arti Bismillahi Tawakkaltu 'Ala Allah Laa Haula (Lengkap)

Artikel ini berisi arti dan penjelasan doa "Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah". Sebuah doa yang sering dibaca oleh umat muslim saat keluar rumah. Doa ini berisi harapan dan permintaan seorang hamba kepada Allah Swt agar keberadaannya di luar rumah mendapat perlindungan dan dijauhkan dari segala marabahaya.
Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Doa ini sendiri sangat terkenal di kalangan umat muslim. Sebagian besar umat muslim menghafal doa ini. Saat hendak keluar rumah, mereka tidak pernah lupa membaca doa "Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah". Sejak usia dini, doa ini telah diajarkan oleh para guru Taman Kanak-Kanak di sekolah.

Di usia belia umat muslim memang telah dibiasakan untuk menghafal doa-doa. Di usia tersebut ingatan masih kuat, sangat mudah untuk menghafal beragam jenis doa, mulai dari doa yang pendek sampai doa yang panjang.

Lantas, apa arti dari "Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah?". Nah, berikut ini akan kami uraikan artinya beserta penjelasan makna dan kandungan dari doa tersebut. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.
Silahkan disimak bersama uraiannya....

Arti Bismillahi Tawakkaltu 'Ala Allah Laa Haula

Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah adalah doa keluar rumah yang memiliki arti "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.". Saat hendak keluar rumah, umat muslim tidak pernah lupa untuk membaca doa ini, yaitu doa yang berisi permohonan seorang agar dilindungi dan dijauhkan dari bahaya selama di luar rumah.

Mengapa dianjurkan untuk membaca doa ketika keluar rumah? Umat muslim menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi di luar rumah. Pengetahuan itu hanyalah milik Allah Swt semata. Dia yang menentukan apa yang akan terjadi pada diri seorang hamba. Inilah yang dinamakan dengan takdir. 

Dengan doa bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah, seorang muslim memohon kepada Allah Swt agar semoga yang terjadi di luar rumah adalah hal yang baik-baik saja, urusan dilancarkan, dan kembali ke rumah dengan selamat. 

Tulisan Arab Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Berikut ini adalah tulisan Arab dari doa keluar rumah Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ 

Latin: Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah
Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah

Kandungan Bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Doa keluar rumah mengandung makna, kandungan, dan manfaat luar biasa ketika dibaca secara rutin setiap hari. Coba saja perhatikan arti dari doa tersebut, dimulai dengan menyebut nama Allah, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan diri kepada Allah. Setelah itu, pengakuan yang setinggi-tingginya bahwa hanya Allah pemilik segala daya dan kekuatan.

Ada sebuah hadits dari Anas bin Malik yang pernah mendengar Rasulullah Saw menjelaskan keutamaan dari doa ini. Hadits tersebut berbunyi:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟ 

Artinya: Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa "bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah", Maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.' (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membaca doa bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah saat keluar rumah:

1. Mendapat Perlindungan Allah Swt

Umat muslim yang membaca doa ini saat keluar rumah, senantiasa akan berada dalam perlindungan Allah Swt. Tidak ada sebaik-baik penjaga selain Allah Swt. Setiap langkahnya akan mendapat bimbingan Allah Swt. Hatinya akan digerakkan menuju ke hal yang baik-baik saja. 

2. Dijauhkan dari Marabahaya

Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi di luar rumah. Bahaya bisa saja datang secara tiba-tiba, tanpa permisi dan tanpa disadari. Itulah sebabnya sangat penting bagi seorang muslim untuk membaca doa keluar rumah. Dengan doa tersebut, dirinya akan dijauhkan dari segala marabahaya yang mengancam keselamatan.

3. Mendapat Kekuatan dari Allah

Doa ini berisi pengakuan bahwa tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Swt. Dia-lah pemilik kekuatan tertinggi di segenap penjuru alam semesta ini. Seorang hamba yang membaca doa ini akan diberi kekuatan oleh Allah Swt. Dengan kekuatan tersebut, ia dapat menyelesaikan urusannya di luar rumah.

4. Dijauhkan dari Godaan Setan

Dunia ini diliputi oleh godaan dan tipu daya setan. Hal ini telah menjadi janji setan saat dikeluarkan dari surga yang akan berusaha untuk menjerumuskan manusia dari jalan kebenaran menuju jalan kesesatan. Dengan doa ini, setan tidak akan mampu menggoda seorang hamba yang telah mendapat perlindungan dari Allah.

5. Kembali ke Rumah dengan Selamat

Akhirnya, harapan terbesar dari seorang hamba yang keluar rumah adalah bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat, tidak kurang satu apapun.  Kembali bercengkrama dengan sanak keluarga di rumah. Dengan doa ini, Allah Swt akan menuntun langkah seorang hamba pulang ke rumahnya dengan selamat. 

Demikianlah penjelasan tentang bismillahi tawakkaltu 'ala allah laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Bismillahi Tawakkaltu 'Ala Allah Laa Haula (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment