Learn Science With Ilmusiana

10+ Manfaat Perdagangan Antar Pulau (Lengkap)

Artikel ini berisi penjelasan tentang manfaat perdagangan antar pulau, materi IPS Kelas VIII. Indonesia adalah negara besar dengan ciri khas kepulauan. Provinsi dan kabupaten di Indonesia tersebar di beberapa pulau besar. Masing-masing pulau tersebut dihuni oleh puluhan juta penduduk. Semuanya memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari.

Perdagangan Pulau

manfaat perdagangan antar pulau

Permasalahannya adalah tidak semua kebutuhan tersebut bisa tersedia di masing-masing pulau. Terkadang ada barang yang harus didatangkan dari pulau lain. Sampai di sini, kita mulai menyadari pentingnya perdagangan antar pulau sebagai salah satu cara agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya.

Itulah sebabnya mengapa pemerintah sedang gencar memperbaiki infrastruktur penghubung antar pulau di Indonesia. Mulai dari jalan, pelabuhan, sampai sarana transportasi laut menuju pulau. Kapal-kapal pengangkut ditambah agar lalu lintas barang semakin lancar. Jangka waktu pengiriman pun dibuat semakin cepat untuk mencegah kerusakan barang dalam perjalanan.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari adanya perdagangan antar pulau? Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa manfaat tersebut. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca. Yuk, mari simak bersama uraiannya...

Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat 10 manfaat perdagangan antar pulau:

1. Kebutuhan Masyarakat di Berbagai Pulau Terpenuhi

Dengan adanya perdagangan antar pulau, kebutuhan masyarakat yang tinggal di berbagai pulau bisa terpenuhi dengan baik. Masyarakat tidak perlu khawatir lagi, mereka dengan mudah bisa mendapatkan kebutuhan harian dengan adanya perdagangan antar pulau ini.

2. Menambah Pendapatan Masyarakat melalui Perdagangan

Perdagangan antar pulau juga memiliki manfaat untuk menambah pendapatan masyarakat. Barang hasil produksi masyarakat di satu pulau akan dibeli oleh masyarakat yang berada di pulau lainnya. Sehingga, potensi pendapatan masyarakat akan semakin meningkat.

3. Terbukanya Pasar antar Pulau

Perdagangan antar pulau dengan sendirinya akan membuka pasar antar pulau. Pasar ini sangat dibutuhkan oleh produsen penghasil barang untuk memasarkan produknya. Produsen tidak perlu khawatir lagi dengan menumpuknya barang hasil produksi.

4. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

PAD atau Pendapatan Asli Daerah akan meningkat dengan adanya perdagangan antar pulau. Pulau asal dan pulau tujuan sama-sama akan merasakan manfaat ini. Pulau asal akan mendapatkan bea keluar barang dari para produsen. Sedangkan, pulau tujuan akan mendapatkan bea masuk dari barang tersebut.

5. Pelabuhan akan Semakin Ramai

Perdagangan antar pulau juga akan membuat aktivitas pelabuhan akan semakin ramai. Hal ini menjadi pertanda hidupnya roda perekonomian di pelabuhan tersebut. Orang-orang akan berdatangan untuk mendapatkan kebutuhannya.

6. Terbukanya Lapangan Kerja

Perdagangan antar pulau juga bisa menjadi lapangan kerja baru bagi masyarakat. Proses pengiriman dan penerimaan barang membutuhkan sumber daya manusia. Artinya, kebutuhan angkatan kerja semakin bertambah. Tenaga masyarakat bisa digunakan untuk proses pengiriman dan penerimaan barang tersebut.

7. Transaksi Perdagangan Semakin Meningkat

Transaksi perdagangan akan semakin meningkat dengan adanya perdagangan antar pulau. Hal ini diperlukan untuk memutar roda perekonomian suatu pulau. Semakin banyak barang yang masuk dari luar, maka semakin meningkat juga nilai transaksi tersebut.

8. Pemasukan Pajak bagi Pemerintah

Pemerintah juga akan diuntungkan dengan adanya perdagangan antar pulau. Pendapatan dari sumber pajak akan bertambah. Biasanya, semua jenis barang yang diperdagangkan dikenai pajak dengan besaran tertentu.

9. Perbaikan Infrastruktur Penghubung Laut

Perdagangan antar pulau juga akan mendorong pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur laut. Mulai dari pelabuhan sampai sarana transportasi berupa kapal pengangkut barang. Infrastruktur yang semakin baik akan menjamin kelancaran proses pengiriman barang.

10. Kesejahteraan Masyarakat Meningkat

Manfaat utama yang bisa dirasakan dengan adanya perdagangan antar pulau adalah kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Masyarakat memiliki peluang untuk menambah penghasilan, khususnya bagi mereka yang bergerak di bidang perdagangan.

Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Perdagangan Antar Pulau. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Manfaat Perdagangan Antar Pulau (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment