Learn Science With Ilmusiana

Hadza Min Fadhli Rabbi: Arti, Tulisan Arab (Lengkap)

Pernahkah Anda mendengar ucapan hadza min fadhli rabbi (Arab: هَذَا مِن فَضْلِ رَبِّي)? Tahukah Anda apa artinya?

Kemarin, kami melihat ada seseorang yang menuliskan Hadza Min Fadhli Rabbi di status media sosial. Di kolom komentar, salah seorang dari netizen bertanya mengenai apa arti dari tulisan itu. Sepertinya netizen tersebut belum mengetahui dan penasaran dengan arti dari hadza min fadhli rabbi. 
Hadza Min Fadhli Rabbi arti tulisan arab
Wajar memang, sebab ucapan hadza min fadhli rabbi adalah ucapan Arab yang mungkin tidak terlalu familiar terdengar di telinga kita. Tidak seperti ucapan-ucapan bahasa Arab lainnya; misalnya fii amanillah, barakallahu fiikum, syukron, atau syafakillah/syafakallah. Semua ucapan ini telah umum diketahui artinya oleh masyarakat Indonesia. Penjelasan dari semua ucapan tersebut bisa Anda baca di sini:
Kami pun melakukan penelitian pada data perekaman google. Ternyata, bukan hanya netizen di atas yang penasaran dengan arti hadza min fadhli rabbi, tetapi banyak juga warganet lainnya yang ingin mengetahui hadza min fadhli rabbi artinya apa. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya warganet Indonesia yang mengetikkan frasa "hadza min fadhli rabbi" di kolom pencarian.

Oleh karena itulah, kami memandang perlu untuk membuat ulasan khusus tentang hadza min fadhli rabbi. Artikel yang sedang Anda baca sekarang ini berisi segala materi yang berkaitan dengan hadza min fadhli rabbi, mulai dari arti, tulisan Arab, sampai makna dari ucapan ini.

Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Hadza Min Fadhli Rabbi 

Hadza Min Fadhli Rabbi (Arab: هَذَا مِن فَضْلِ رَبِّي) adalah frasa bahasa Arab yang memiliki arti "ini termasuk karunia dari Tuhanku". Ucapan ini sebagai bentuk kesadaran seorang muslim bahwa semua kenikmatan yang ia rasakan berasal dari Allah Swt. Hadza Min Fadhli Rabbi berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur dari seorang hamba kepada Tuhannya atas segala karunia yang ia dapatkan.

Sebenarnya, Hadza Min Fadhli Rabbi adalah penggalan dari firman Allah dalam Al Qur'an Surat An-Naml Ayat 40. Berikut ini adalah petikan lengkap dari Surat tersebut:

قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ ۚ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ ۖ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ 

Latin: Qālallażī 'indahụ 'ilmum minal-kitābi ana ātīka bihī qabla ay yartadda ilaika ṭarfuk, fa lammā ra`āhu mustaqirran 'indahụ qāla hāżā min faḍli rabbī, liyabluwanī a asykuru am akfur, wa man syakara fa innamā yasykuru linafsih, wa mang kafara fa inna rabbī ganiyyung karīm 
Artinya: Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia" 

Tulisan Arab Hadza Min Fadhli Rabbi

Sebenarnya, di sela-sela uraian di atas telah kamu cantumkan tulisan Arab dari Hadza Min Fadhli Rabbi. Hanya saja tulisannya memang agak kecil mengikuti pengaturan font otomatis dari blogger. Jadi, mungkin Anda akan merasa sulit untuk membacanya.

Olehnya itu, kami melakukan sedikit modifikasi manual agar tulisan Arab dari Hadza Min Fadhli Rabbi sedikit lebih besar sehingga memudahkan untuk dibaca. Berikut ini adalah tulisan Arab dari Hadza Min Fadhli Rabbi yang bisa di copy:

هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي 

Latin: Hadza Min Fadhli Rabbi  
Arti: ini termasuk karunia dari Tuhanku

Demikianlah penjelasan tentang Hadza Min Fadhli Rabbi. Bagikan artikel ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Hadza Min Fadhli Rabbi: Arti, Tulisan Arab (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment