Learn Science With Ilmusiana

10+ Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik (Lengkap)

Artikel ini berisi penjelasan seputar manfaat hubungan internasional di bidang politik. Di era globalisasi sekarang ini, hubungan internasional menjadi sebuah keniscayaan. Setiap negara berlomba untuk menjalin hubungan dengan negara lainnya, membentuk aliansi di dalam sebuah komunitas atau organisasi.

Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik

Jika negara diibaratkan sebagai seorang individu, maka banyak individu lebih baik dibandingkan 1 individu. Kumpulan individu lebih mudah berkembang daripada seorang individu. Setiap masalah bisa diselesaikan secara bersama-sama, saling membantu antara satu dengan yang lainnya. Begitulah juga yang terjadi pada tataran negara.

Negara yang tidak menjalin hubungan internasional pasti akan "sendirian" atau terisolasi dari perkembangan dunia. Tidak ada partner untuk mendiskusikan solusi dari masalah. Akibatnya, negara tersebut akan semakin tertinggal di tengah sengitnya persaingan global. Padahal, hubungan internasional mendatangkan banyak manfaat di berbagai bidang.

Salah satu dari manfaat hubungan internasional tersebut adalah manfaatnya di bidang politik. Ada banyak kebaikan yang dihadirkan oleh hubungan internasional di bidang politik. Negara yang mau menjalin hubungan internasional pasti akan merasakan manfaat ini. Itulah sebabnya setiap negara ingin membuka sebanyak-banyaknya kedutaan besar di negara lain.

Apa saja manfaat itu? Yuk, berikut ini uraiannya...

Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik

Berikut ini adalah 10 manfaat hubungan internasional bagi suatu negara di bidang politik:

1. Mempererat Hubungan Diplomatik antar Negara

Manfaat hubungan internasional di bidang politik adalah mempererat hubungan diplomatik dengan negara lain. Hubungan diplomatik menjadi awal bagi rangkaian kerja sama antar negara. Tanpa hubungan diplomatik, maka sulit bagi suatu negara untuk menjalin kerja sama dengan negara lain.

2. Memperkuat posisi suatu Negara di Kancah Internasional

Posisi tawar suatu negara akan semakin kuat ketika negara tersebut menjalin hubungan internasional dengan negara lain. Negara ini akan semakin disegani di mata internasional. Setiap kebijakannya yang berkaitan dengan dunia internasional akan selalu didengar dan dijadikan acuan.

3. Menjaga Eksistensi Suatu Bangsa dan Negara

Eksistensi bangsa dan negara sangat penting untuk dijaga, sebab terkait dengan keberlangsungan hidup suatu negara. Negara yang menjalin hubungan internasional akan semakin mempertegas eksistensinya di mata dunia sebagai negara yang berdaulat.

4. Menunjang Pelaksanaan Kebijakan Politik Luar Negeri

Setiap negara pasti memiliki kebijakan luar negeri, akan tetapi mustahil kebijakan tersebut bisa dilaksanakan tanpa adanya hubungan internasional. Suatu kebijakan internasional harus mendapat persetujuan dari negara lain agar bisa berlaku dan dijalankan. Salah satu cara mendapat persetujuan tersebut adalah hubungan internasional.

5. Mendapatkan Kepercayaan dari Negara Lain

Negara yang menjalin hubungan internasional akan mendapatkan kepercayaan dari negara lain. Kepercayaan ini sangat penting untuk diraih agar bisa dengan mudah menjalin kerja sama saling menguntungkan antar negara.

6. Mendapatkan Reputasi yang Baik di Mata Internasional

Hubungan internasional juga akan menjadikan suatu negara memiliki reputasi yang baik di mata internasional.

7. Melindungi Warga Negara yang Berada di Negara Lain

Hubungan kerja sama internasional antar negara biasanya diiringi dengan komitmen saling menjaga atau melindungi warga kedua negara. Jadi, setiap warga yang ingin berkunjung ke luar negeri tidak perlu was-was karena mendapat perlindungan dari negara tujuan.

8. Berdaya Untuk Mempengaruhi Kebijakan Internasional

Hanya negara yang memiliki hubungan internasional yang bisa memiliki daya atau kekuatan untuk mempengaruhi sebuah kebijakan internasional. 

9. Mampu Mendorong Terciptanya Stabilitas Dunia

Hubungan internasional juga mampu mendorong terciptanya stabilitas dunia. Setiap negara akan berkomitmen untuk menghilangkan segala sesuatu yang dapat mengganggu stabilitas tersebut.

10. Menghalau Intervensi Asing Terhadap Politik dalam Negeri

Kondisi perpolitikan suatu negara yang menjalin hubungan internasional cenderung lebih terjaga dari segala bentuk intervensi dari luar.

Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment