Learn Science With Ilmusiana

3+ Contoh Perubahan Energi Pada Kipas Angin Menyala

Tahukah kamu contoh perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin? Sebagaimana yang diketahui, kipas angin adalah alat yang digunakan untuk menyejukkan udara di saat cuaca sedang panas. Alat ini bekerja dengan cara menghasilkan hembusan angin untuk mengusir panas. Agar bisa berfungsi dengan baik, kipas angin membutuhkan energi.

contoh perubahan energi pada kipas angin

Tanpa adanya energi, maka mustahil kipas angin bisa menyala. Pada kipas angin, terdapat kabel penghubung yang berfungsi untuk menyalurkan energi dari sumber ke kipas. Namun, beberapa jenis kipas angin sekarang ini ada yang tidak menggunakan kabel, tetapi memakai sumber energi portable yang bisa di bawa kemana saja. 

Disadari atau tidak, pada kipas angin yang menyala terjadi perubahan energi. Ada beberapa bentuk energi yang timbul pada kipas angin. Energi ini akan berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Jadi, ada lebih dari satu energi yang terjadi pada alat ini. Cobalah amati kipas angin di rumahmu saat sedang menyala.

Lantas, perubahan energi apa yang terjadi pada kipas angin yang menyala? Nah, kami akan menguraikan seluruh proses perubahan tersebut pada uraian di bawah. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kamu semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Contoh Perubahan Energi Pada Kipas Angin Menyala 

Ada tiga perubahan energi yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin. Bentuk perubahan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Energi Listrik

Bentuk energi yang mula-mula hadir pada kipas angin menyala adalah energi listrik. Bentuk energi inilah yang menjadi sumber energi pertama bagi kipas angin. Energi listrik bisa berasal dari dua sumber, yaitu PLN dan Baterai. Kipas akan berputar sesaat setelah kipas angin dihubungkan dengan energi listrik.

2. Energi Gerak

Perubahan energi selanjutnya pada kipas angin yang menyala adalah energi gerak. Gerakan itu terdiri dari gerakan putaran kipas dan gerak leher kipas angin. Putaran kipas dihasilkan oleh rotor dinamo yang berputar kencang pada saat mendapatkan energi listrik. 

3. Energi Panas

Selain energi gerak, kipas angin yang menyala juga menghasilkan energi panas. Energi ini berasal dari gesekan bagian dalam kipas saat bergerak. Kita bisa merasakan panas ini dengan cara menyentuh bagian belakang kipas angin. 

Kesimpulan

Jadi, contoh perubahan energi yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin adalah energi listrik menjadi energi gerak dan energi panas.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh Perubahan Energi Pada Kipas Angin. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Contoh Perubahan Energi Pada Kipas Angin Menyala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment