Learn Science With Ilmusiana

5+ Kewajiban Siswa Terhadap Sarana yang Disediakan Sekolah

Artikel ini adalah jawaban pertanyaan "Apa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah?" Sebagaimana yang diketahui, sekolah terdiri dari sarana dan prasarana yang menunjang berlangsungnya proses belajar mengajar. Tanpa sarana dan prasarana, maka mustahil kegiatan belajar dapat dilakukan di sekolah.

Kewajiban Siswa Terhadap Sarana yang Disediakan Sekolah

Sarana dan prasarana tersebut disediakan oleh pemerintah melalui dinas pendidikan agar siswa bisa belajar dengan baik. Pemerintah menyediakan semua itu untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Siswa bebas menggunakannya untuk keperluan belajar. Bahkan, pemerintah terus berupaya untuk menambah sarana di sekolah demi kelancaran belajar siswa.

Beberapa contoh sarana yang tersedia di sekolah adalah meja, kursi, komputer, papan tulis, dan lain-lain. Semua itu disediakan oleh sekolah agar siswa bisa belajar dengan baik di sekolah. Meskipun disediakan untuk siswa, terdapat beberapa kewajiban yang penting dilaksanakan oleh seluruh siswa di sekolah terkait sarana tersebut.

Apa saja kewajiban itu? Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah. Semoga setelah membaca uraian ini, para siswa bisa bertanggung jawab melaksanakan kewajiban tersebut.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Kewajiban Siswa Terhadap Sarana yang Disediakan Sekolah

Ada lima kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah. Kewajiban tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Sarana untuk Keperluan Belajar

Oleh karena sekolah telah menyediakan sarana, maka siswa berkewajiban menggunakan sarana tersebut sebaik mungkin untuk keperluan belajar. Setelah sarana tersedia, siswa harus berusaha untuk meningkatkan prestasinya agar sarana tersebut tidak sia-sia. Pihak sekolah akan merasa bangga apabila siswa bisa meningkatkan prestasinya.

2. Merawat Sarana Sekolah

Siswa berkewajiban untuk merawat semua sarana yang disediakan sekolah. Perawatan diperlukan supaya sarana tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sekolah memiliki keterbatasan biaya untuk membeli sarana baru. Jadi, rawatlah semua sarana tersebut agar bisa tahan lama digunakan untuk kegiatan belajar.

3. Menjaga Sarana Sekolah

Siswa berkewajiban untuk menjaga semua sarana yang disediakan sekolah. Tidak boleh disimpan sembarangan, setelah digunakan harus dikembalikan ke tempat semula. Contoh sarana yang sangat mudah hilang adalah penghapus papan tulis. Terkadang, tidak cukup seminggu penghapus di kelas telah hilang. Jadi, jagalah sebaik mungkin seluruh sarana tersebut.

4. Tidak Mengotori Sarana Sekolah

Siswa berkewajiban untuk tidak mengotori sarana sekolah. Meja dan kursi jangan dicorat-coret agar tetap indah untuk dilihat. Jika tidak sengaja terkena kotoran, maka segeralah untuk membersihkan kotoran tersebut. 

5. Tidak Merusak Sarana Sekolah

Terakhir, siswa berkewajiban untuk tidak merusak sarana sekolah demi kelancaran proses belajar di sekolah. Tindakan yang secara sengaja merusak sarana sekolah adalah tindakan yang melanggar peraturan. Siswa bisa mendapat hukuman dari sekolah apabila sengaja merusak sarana sekolah.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan apa kewajiban siswa terhadap sarana yang disediakan sekolah, maka jawabannya adalah menggunakan sarana untuk belajar, menjaga sarana sekolah, merawat sarana sekolah, tidak mengotori, dan tidak merusak.

Demikianlah penjelasan tentang Kewajiban Siswa Terhadap Sarana yang Disediakan Sekolah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Kewajiban Siswa Terhadap Sarana yang Disediakan Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment