Learn Science With Ilmusiana

5+ Penyebab Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang

Artikel ini akan menjelaskan mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang. Sebagaimana yang diketahui, Jepang masuk ke Indonesia melalui Tarakan pada tanggal 11 Januari 1942. Kedatangan Jepang tersebut tidak mendapatkan penolakan atau perlawanan dari rakyat Indonesia sedikit pun. Bahkan sebaliknya, kedatangan itu disambut baik oleh rakyat Indonesia.

Mengapa Pada Mulanya Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang

Itulah sebabnya menarik untuk mengetahui apa sebabnya mengapa sehingga rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang. Padahal, Jepang datang membawa penjajahan baru bagi bangsa Indonesia. Bahkan, penjajahan ini jauh lebih kejam dari apa yang telah dilakukan oleh Belanda. Meski hanya berlangsung 3,5 tahun lamanya, tetapi rakyat Indonesia luar biasa sengsara.

Jepang melakukan penindasan dengan cara-cara kejam yang merenggut korban jiwa begitu banyak. Rakyat dipekerjakan tanpa gaji (kerja paksa) untuk membangun semua fasilitas milik Jepang, bahkan seringkali mereka bekerja tanpa makan, akibatnya banyak yang mati kelaparan. Tidak cukup sampai di situ, pemuda-pemuda Indonesia dipaksa ikut berperang membantu tentara Jepang melawan sekutu.

Lantas, mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang? Nah, materi akan menjelaskan beberapa sebabnya. Hal ini menjadi penting diketahui bagi kita yang hidup di zaman sekarang agar kita bisa menarik pelajaran dari kejadian di masa lalu. 
Yuk, berikut ini uraiannya...

Mengapa pada Mulanya Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang

Berikut ini adalah lima penyebab mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang:

1. Ramalan Jayabaya

Saat itu, kedatangan Jepang banyak dikaitkan dengan ramalan Jayabaya yang berbunyi: "bangsa kulit kuning akan membebaskan rakyat Indonesia dari orang kulit putih", dan ramajalan Jayabaya waktu itu sangat diyakini kebenarannya. Oleh karena itulah, kedatangan Jepang disambut hangat oleh rakyat Indonesia.

2. Jepang Menyebut Diri Sebagai Saudara Tua

Jepang sering menyebut diri sebagai "Saudara Tua" Indonesia yang datang untuk membantu membebaskan penduduk pribumi dari penjajahan Belanda. Karena menyebut diri "saudara tua" Indonesia, maka kedatangan Jepang menjadi tontonan yang disambut hangat.

3. Keberhasilan Propaganda Jepang

Jauh sebelum menguasai Indonesia, Jepang sudah mempersiapkan diri untuk mengambil hati rakyat Indonesia yang ketika itu masih berada di bawah kekuasaan Belanda. Propaganda menjadi alat utama bagi Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Jepang mempropagandakan dirinya sebagai bangsa pemimpin dan penyelamat bangsa-bangsa Asia yang terjajah, yang populer disebut Gerakan 3 A (Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang Cahaya Asia).

4. Jepang Akan Mengusir dan Mengakhiri Penjajahan Belanda

Tidak lama setelah mendarat Indonesia, Jepang langsung melakukan operasi militer ke daerah-daerah yang dikuasai oleh Belanda. Tentara Jepang mengatakan kepada rakyat Indonesia bahwa Jepang akan mengusir dan mengakhiri penjajahan yang dilakukan Belanda. Tentu saja, hal ini disambut baik oleh rakyat Indonesia yang memang telah sejak lama mengalami penjajahan Belanda.

5. Jepang Membebaskan Tokoh Pergerakan Indonesia dari Penjara Belanda

Selain melakukan operasi militer, Jepang juga membebaskan para tokoh pergerakan Indonesia yang ditawan di penjara Belanda. Tindakan ini semakin membuat yakin rakyat Indonesia bahwa Jepang memang datang untuk membantu Indonesia. Akhirnya, banyak tokoh pergerakan Indonesia yang bersahabat dengan Jepang. Salah satunya adalah Soekarno yang terkenal memiliki hubungan baik dengan Jepang.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Pada Mulanya Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang. Bagikan materi ini agar orang lain juga membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Penyebab Rakyat Indonesia Menyambut Baik Kedatangan Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment