Learn Science With Ilmusiana

3+ Alasan Mengapa Briket dapat Dijadikan Energi Alternatif

Tahukah kamu mengapa briket dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif? Nah, materi ini akan menguraikan beberapa alasannya. Sebagaimana yang diketahui, briket adalah bahan berbentuk blok yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Briket akan membentuk api yang bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu. Itulah sebabnya mengapa sehingga briket sering digunakan untuk keperluan memasak.

Mengapa Briket dapat Dijadikan Energi Alternatif

Sekarang ini, briket mulai dijadikan sebagai sumber energi alternatif pengganti minyak tanah dan gas elpiji. Cara ini dianggap sangat efektif untuk menghemat penggunaan gas dan minyak. Apalagi, harga tabung gas elpiji terus merangkak naik mengikuti keputusan pemerintah. Sementara, minyak tanah mulai dikurangi penggunaannya.

Penggunaan briket dinilai lebih efektif daripada kayu bakar. Nyala api yang dihasilkan lebih tahan lama dibandingkan kayu bakar. Selain itu, briket juga bisa menghemat ruang penyimpanan. Tidak seperti kayu bakar, yang membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar.

Briket dibentuk dari bahan-bahan yang dipadatkan sampai membentuk blok. Bahan-bahan utama pembuatan briket adalah arang kayu, batu bara, biomassa, dan gambut. Bahan-bahan pendukung lainnya adalah batu kapur, pati, boraks, natrium nitrat, dan malam. Semua bahan tersebut ditekan dan dikeringkan sampai mengeras.

Lantas, mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif? Nah, berikut ini akan kami kemukakan beberapa alasan mengapa sehingga briket dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Setelah membaca uraian ini, semoga pengetahuan Anda semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Mengapa Briket dapat Dijadikan Energi Alternatif

Sekurang-kurangnya, ada tiga alasan mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif. Alasan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Dapat Menggantikan Gas dan Minyak Tanah

Briket bisa dijadikan sebagai bahan bakar pengganti gas elpiji dan minyak tanah. Energi yang dihasilkan oleh 1 kg briket setara dengan 0,5 kg elpiji dan 1,5 liter minyak tanah. Dengan menggunakan kompor khusus, maka briket sangat bagus untuk keperluan memasak. Jadi, briket sangat layak dijadikan sebagai energi alternatif.

2. Energinya Dapat Diperbaharui

Briket memiliki sifat yang dapat diperbaharui karena bahan pembuatannya yang berasal dari limbah pertanian. Bahan yang umum digunakan untuk pembuatan briket adalah tempurung kelapa, daun kering, sekam padi, serbuk gergaji, dan lain-lain. Semua bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

3. Menguntungkan Secara Ekonomi

Penggunaan briket sebagai energi alternatif juga memberikan keuntungan secara ekonomi karena harganya yang murah meriah. Jadi, bisa menghemat pengeluaran. Sekarang ini, harga briket per kg berada pada kisaran Rp. 4000 - Rp. 5000. 1 kg briket bisa bertahan cukup lama menghasilkan pembakaran untuk keperluan memasak.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Briket dapat Dijadikan Energi Alternatif. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
3+ Alasan Mengapa Briket dapat Dijadikan Energi Alternatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment