Learn Science With Ilmusiana

Potensi Energi Alternatif di Indonesia dan Contohnya

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Jelaskan potensi energi alternatif di indonesia dan berikan contohnya" Sebagaimana yang diketahui, Indonesia adalah negara yang dianugerahi sumber daya alam yang melimpah. Beberapa di antara sumber daya alam tersebut menyimpan potensi energi alternatif yang bisa dijadikan sebagai sumber energi.

Potensi Energi Alternatif di Indonesia dan Contohnya

Sekarang ini, wacana pengembangan energi alternatif telah menjadi perhatian serius dunia. Orang mulai sadar bahwa energi fosil yang telah sekian lama kita gunakan cadangannya makin menipis. Pembentukan energi fosil baru di bawah tanah membutuhkan waktu sampai jutaan tahun lamanya. Tidak mungkin kita bisa menunggu selama itu untuk mendapatkan energi.

Aktivitas penduduk yang semakin tinggi membutuhkan energi yang sangat banyak. Sehingga, diperlukan upaya untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah mengupayakan penggunaan energi alternatif. Ada banyak jenis energi alternatif yang bisa dikonversi menjadi listrik dan pengganti bahan bakar minyak (BBM).

Lantas, bagaimana potensi energi alternatif di Indonesia? Bisakah kamu berikan beberapa contohnya? Nah, uraian di bawah ini akan membantu kamu untuk melihat potensi energi alternatif yang dimiliki oleh Indonesia. Kami juga akan memberikan contoh energi alternatif tersebut.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Potensi Energi Alternatif di Indonesia dan Contohnya 

Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan potensi energi alternatif yang sangat besar. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang bisa dijadikan sebagai sumber energi. Seperti negara-negara lainnya, Indonesia juga berada di dalam ancaman krisis energi. Sumur-sumur minyak yang selama ini dieksplorasi perusahaan negara persediaannya hampir habis.

Jadi, Indonesia harus segera memanfaatkan potensi energi alternatif yang ada di negara ini. Sumber daya alam yang terdapat di Indonesia sangat mendukung pengembangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh potensi energi alternatif yang dimiliki oleh Indonesia:

1. Energi Alternatif Air

Indonesia adalah negara dengan potensi sumber daya air yang sangat besar. Indonesia termasuk ke dalam 10 negara kaya air di dunia. Menurut data nasional, ketersediaan air di Indonesia mencapai 694 miliar meter kubik per tahun. Air tersebut tersebar di lebih dari 5.590 sungai di semua pulau di Indonesia.

Air mengandung sejumlah besar energi yang bisa dikonversi menjadi listrik. Tenaganya bisa digunakan untuk memutar turbin penghasil listrik. Caranya adalah dengan membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di sekitar sungai. 

2. Energi Alternatif Angin (Bayu)

Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya angin yang sangat besar. Menurut data Kementerian ESDM, potensi angin di Indonesia sebesar 978 MW. Tiga wilayah di Indonesia dengan potensi air terbesar adalah Sukabumi, Garut, Lebak dan Pandeglang. Tenaga yang berasal dari angin bisa dikonversi menjadi listrik. 

Pemerintah Indonesia mulai serius memanfaatkan energi angin. Baru-baru ini, pemerintah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan. PLTB Sidrap merupakan pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia dengan kapasitas listrik sebesar 75 MW yang dihasilkan dari 30 kincir turbin.

3. Energi Alternatif Matahari

Indonesia adalah negara dengan potensi energi matahari sangat besar karena letak wilayahnya yang berada di garis khatulistiwa. Menurut data dari Dewan Energi Nasional, potensi energi matahari di Indonesia mencapai rata-rata 4,8 kWh per meter persegi per hari. Seluruh wilayah di Indonesia disinari matahari rata-rata 6-8 jam perhari. 

Lama penyinaran ini sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan listrik dari panel surya yang membutuhkan lama penyinaran ideal 4-5 jam perhari. Dari seluruh potensi energi matahari, Indonesia baru memanfaatkan kurang dari 1 persen. Sudah selayaknya pemerintah membangun lebih banyak lagi pembangkit listrik tenaga matahari untuk memaksimalkan potensi yang ada.

4. Energi Alternatif Panas Bumi

Indonesia juga adalah negara yang dianugerahi potensi panas bumi yang besar. Panas yang berasal dari dalam bumi ini bisa juga digunakan sebagai sumber energi alternatif. Jumlah total potensi energi alternatif panas bumi Indonesia sebesar 11.073 MW, ditambah cadangan sekitar 17.506 MW. Potensi ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari sabang sampai merauke. 

Dari seluruh potensi panas bumi yang ada, Indonesia baru memanfaatkan sebesar 1.948 MW. Pembangkit listrik panas bumi terbesar berada di Salak Sukabumi dengan kapasitas produksi sebesar 377 MW. Jika Indonesia bisa memanfaatkan seluruh panas bumi yang ada, maka bisa memenuhi 18% kebutuhan listrik nasional.

5. Energi Alternatif Gelombang Laut

Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan wilayah laut terbesar dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Laut bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif yang dihasilkan dari gelombangnya. Menurut data Kementerian ESDM, potensi gelombang laut Indonesia cukup besar, yaitu 10-20 kW per meter gelombang. 

Bahkan, beberapa titik di Indonesia bisa mencapai 70 kW per meter gelombang, seperti di Sumatera Selatan dan Pantai Selatan Jawa Barat. Sayangnya, Indonesia belum terlalu serius menggarap pemanfaatan energi gelombang laut ini. Beberapa pengaplikasian yang ada masih dalam tahap penelitian.

6. Energi Alternatif Pasang Surut Laut

Masih berkaitan dengan laut, Indonesia juga memiliki potensi energi alternatif pasang surut. Energi ini dihasilkan dari pasang surut air laut yang bisa dikonversi menjadi bentuk energi lain, seperti listrik. Gerakan pasang surut air laut mengandung energi kinetik yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin.

Saat laut pasang dan saat laut surut aliran airnya dapat memutar turbin untuk membangkitkan listrik. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian untuk pemanfaatan energi pasang surut yang memberikan hasil yang cukup signifikan di Indonesia.

7. Energi Alternatif Biofuel

Wilayah daratan yang luas membuat Indonesia juga memiliki potensi energi alternatif biofuel yang besar. Biofuel adalah minyak yang berasal dari tanaman yang diolah menjadi bahan bakar nabati. Indonesia memiliki puluhan jenis tanaman yang bisa diolah menjadi biofuel. Menurut Kementerian ESDM, terdapat 60 jenis tanaman di Indonesia yang bisa diproduksi menjadi bahan mentah. Jika bisa dimaksimalkan, maka total minyak yang bisa diproduksi adalah 215 juta barel minyak.

Demikianlah penjelasan tentang Potensi Energi Alternatif di Indonesia dan Contohnya. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Potensi Energi Alternatif di Indonesia dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment