Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Berikan Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif

Artikel ini akan memberikan dua alasan biogas dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Sebagaimana yang diketahui, biogas adalah gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Gas tersebut berasal dari aktivitas anaerobik atau fermentasi yang dilakukan oleh bakteri. Gas ini mengandung sejumlah besar energi yang bisa dijadikan sebagai energi alternatif.

Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif

Sekarang ini, biogas mulai dipikirkan banyak orang sebagai salah satu sumber energi. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan UGM, biogas sangat berpotensi sebagai sumber energi. Menurut mereka, biogas dapat memenuhi 13,3 persen kebutuhan bahan bakar listrik dan memasak di Indonesia.

Untuk skala rumah tangga, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan biogas untuk keperluan memasak. Mereka membangun reaktor sederhana sebagai tempat fermentasi kotoran hewan. Penggunaannya sangat menguntungkan untuk menghemat gas elpiji atau minyak tanah. Bahkan, beberapa orang telah 100% menggunakan biogas untuk memasak. 

Lantas, bisakah kamu berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif? Nah, uraian di bawah ini akan menjelaskan dua alasan mengapa sehingga biogas dapat menjadi sumber energi alternatif. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif 

Berikut ini adalah dua alasan mengapa sehingga biogas dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif:

1. Biogas Mengandung Sejumlah Energi

Alasan pertama mengapa biogas dapat dijadikan energi alternatif adalah karena biogas mengandung sejumlah besar energi. Setiap 1 meter kubik biogas setara dengan setengah liter solar. Energi tersebut berasal dari kandungan utama biogas, yaitu metana dan karbon dioksida. Biogas bisa dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan atau bisa juga dikonversi menjadi listrik.  

2. Biogas Dapat Diperbaharui

Alasan kedua yang membuat biogas dapat dijadikan energi alternatif adalah sifatnya yang dapat diperbaharui. Jadi, sumber energi ini bisa digunakan sampai kapan pun. Kita hanya perlu menjaga ketersedian hewan yang akan diambil kotorannya, seperti sapi, ayam, kambing, dan lain-lain. Kotoran ini akan diproses oleh reaktor untuk menghasilkan biogas.

Demikianlah penjelasan tentang Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Berikan Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment