Learn Science With Ilmusiana

4+ Perubahan Energi yang Terjadi pada Tubuh Kita

Artikel ini akan menjelaskan perubahan energi apa saja yang terjadi pada tubuh kita. Sebagaimana yang diketahui, manusia membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas sehari-hari. Energi diperoleh dari makanan dan minuman yang diproses di dalam tubuh. Itulah sebabnya ketika kita tidak makan dalam sehari, maka tubuh merasal lemas. 

Perubahan Energi yang Terjadi pada Tubuh Kita

Rasa lemas yang dirasakan oleh tubuh kita karena pada saat itu tubuh sedang kekurangan energi. Rasa lemas itu menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan energi. Sebaiknya, kita harus segera makan dan minum ketika tubuh merasa lemas. Sebab, jika tidak maka tubuh sangat mudah untuk jatuh sakit.

Diawali dengan masuknya makanan, selanjutnya akan terjadi rangkaian proses perubahan energi dalam tubuh kita. Tubuh bisa diibaratkan sebagai "pabrik pengolah energi". Energi yang masuk akan diproses menjadi bentuk energi lainnya. Coba kamu amati perubahan energi yang terjadi pada tubuhmu. 

Lantas, perubahan energi apa saja yang terjadi pada tubuh kita? Nah, uraian berikut ini akan menjelaskan bentuk-bentuk perubahan energi dalam tubuh manusia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kamu semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Perubahan Energi yang Terjadi pada Tubuh Kita

Ada empat perubahan energi yang terjadi pada tubuh kita. Bentuk perubahan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Energi Kimia

Di dalam tubuh kita, perubahan energi yang mula-mula terjadi adalah energi kimia. Terdapat biomolekul di dalam tubuh yang bertanggung jawab menangani seluruh proses reaksi kimia organik, yaitu enzim. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses oleh enzim agar mudah diserap oleh tubuh.

2. Energi Otot

Perubahan energi selanjutnya di dalam tubuh kita adalah energi otot. Zat-zat makanan yang telah diproses oleh enzim akan digunakan oleh otot untuk mendapatkan energi. Energi otot sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melaksanakan pekerjaan, seperti; menggenggam, mengangkat beban, berjalan, dan sebagainya.

3. Energi Gerak

Hasil dari energi otot adalah gerak bagi tubuh manusia. Jadi, perubahan energi selanjutnya adalah energi gerak. Tubuh manusia dilengkapi dengan ratusan tulang dan sendi untuk mendukung seluruh gerakannya. Tulang dan sendi tersebut ditempeli oleh otot yang bisa berkontraksi untuk menghasilkan gerak.

4. Energi Panas

Tubuh kita juga memiliki suhu panas alami. Jadi, perubahan energi selanjutnya adalah energi panas. Secara normal, panas tubuh manusia berkisar antara 36,1 sampai 37,2 derajat Celcius. Panas tersebut berasal dari proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Demikianlah penjelasan tentang Perubahan Energi yang Terjadi pada Tubuh Kita. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
4+ Perubahan Energi yang Terjadi pada Tubuh Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment