Loading...

Learn Science With Ilmusiana

5+ Contoh Peristiwa Perubahan Energi di Rumah

Loading...
Tahukah kamu apa contoh peristiwa perubahan energi di rumah? Jika kita amati, sebenarnya sangat banyak bentuk perubahan energi yang terjadi di dalam rumah. Semua energi ini berubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya. Hal ini sejalan dengan hukum kekekalan energi yang berbunyi: "Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tetapi tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan". 

Materi kali ini akan membimbing kamu untuk mengetahui apa saja perubahan energi yang bisa kita saksikan dalam rumah. Kami lihat, banyak yang menanyakan ini di forum-forum pembelajaran. Baiklah, kita mulai saja materinya:

Peristiwa Perubahan Energi di Rumah

Peristiwa Perubahan Energi di Rumah

Peristiwa perubahan energi di rumah dapat kita ketahui contohnya dengan melihat benda-benda apa saja yang terdapat di dalam rumah yang menggunakan energi. Jika kita amati, sebagian besar penggunaan energi di rumah adalah berasal dari energi listrik. Oleh karena itu, semua alat tersebut akan mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lainnya. Berikut ini contohnya:
  1. Energi listrik menjadi energi gerak (kipas angin dan blender)
  2. Energi listrik menjadi energi bunyi (Radio)
  3. Energi listrik menjadi energi cahaya (lampu)
  4. Energi listrik menjadi energi panas (setrika dan rice cooker)
  5. Energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi (televisi)
Gimana, udah paham kan? Contoh perubahan energi di atas bisa kamu tambahkan sendiri, caranya dengan mengamati benda-benda yang menggunakan energi di dalam rumahmu. Silahkan bagikan materi ini kepada temanmu yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Materi Terkait:

0 komentar:

Post a Comment