Learn Science With Ilmusiana

3+ Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Artikel ini berisi contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hukum kekekalan energi disebutkan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Ada banyak contoh perubahan energi yang terjadi di sekitar kita, baik yang terjadi secara alami maupun tidak alami.

Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Ditinjau dari bentuknya, terdapat bermacam-macam bentuk energi, seperti; energi panas, cahaya, listrik, gerak, otot, kimia, kinetik, potensial, dan lain-lain. Manusia menggunakan semua energi tersebut untuk menjalankan kehidupannya. Tanpa energi maka mustahil manusia bisa beraktivitas dengan baik. 

Misalnya saja, energi panas. Sumber energi panas utama di bumi ini adalah matahari. Manusia menggunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti menjemur pakaian basah yang habis dicuci. Energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah energi otot, yaitu ketika bergerak melakukan aktivitas.

Jadi, ketika bergerak maka manusia menghasilkan energi gerak. Telah diketahui bahwa energi gerak itu dapat berasal dari bentuk energi lainnya, contohnya energi kimia. Dengan kata lain, energi kimia dapat berubah bentuk menjadi energi gerak. Apa saja contohnya?
Yuk, berikut ini uraiannya...

Pengertian Energi Kimia

Secara sederhana, energi kimia adalah energi yang disimpan dalam bahan kimia.Sumber energi kimia adalah makanan, baterai, accu, bahan bakar minyak, dan sebagainya. Oleh karena energi kimia adalah energi yang tersimpan, maka ia termasuk ke dalam jenis energi potensial. Sebagaimana yang kita ketahui, energi potensial itu merupakan energi yang disimpan oleh benda-benda berdasarkan letaknya.  

Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak 

Berikut ini adalah tiga contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak:

1. Makanan untuk Beraktivitas

Makanan yang kita makan dapat menghasilkan energi sehingga kita dapat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Jumlah energi yang terkandung dalam makanan yang kita makan harus sesuai dengan jumlah energi yang dikeluarkan dalam beraktivitas.

2. Bensin untuk Menggerakkan Kendaraan

Energi kimia juga tersimpan di dalam bahan bakar bensin. Bahan ini diolah di dalam mesin untuk menggerakkan kendaraan bermotor. Semakin jauh kendaraan bergerak, semakin banyak pula bensin yang dibutuhkan.

3. Solar untuk Menggerakkan Generator

Generator adalah alat mekanik yang berfungsi untuk menghasilkan listrik. Tetapi, untuk menghasilkan listrik, maka generator harus bergerak. Energi yang digunakan untuk bergerak berasal dari solar. Solar akan diproses secara kimiawi untuk menghasilkan energi gerak bagi generator.

Demikianlah Contoh Energi Kimia Menjadi Energi Gerak. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment