Learn Science With Ilmusiana

3+ Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju

Artikel ini berisi jawaban dari pertanyaan "Energi apa saja yang dikeluarkan seorang penjahit saat membuat baju?" Kamu pasti melihat seorang penjahit yang sedang bekerja membuat baju. Prosesnya dimulai dari membuat pola, menggunting kain, kemudian menyatukan semua potongan menggunakan mesin jahit sampai berbentuk baju.

Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju

Sadarkah kamu bahwa semua proses itu membutuhkan energi? Tanpa energi, mustahil seorang penjahit dapat melakukan aktivitasnya untuk membuat baju. Jangankan membuat baju, untuk berdiri dan berjalan pun pasti ia tidak mampu. Energi sangat diperlukan oleh seorang penjahit untuk menyelesaikan pekerjaannya membuat baju.
Disamping menggunakan energi, seorang penjahit juga mengeluarkan energi saat bekerja membuat baju. Jadi, ada energi yang masuk dan ada energi yang keluar. Kira-kira, energi apa saja yang dikeluarkan seorang penjahit saat membuat baju? Nah, berikut ini akan kami berikan penjelasannya...

Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju

Berikut ini adalah beberapa bentuk energi yang dikeluarkan oleh seorang penjahit saat membuat baju:

1. Energi Otot

Seorang penjahit akan mengeluarkan energi otot untuk menggerakkan tangan dan kakinya. Tangan penjahit akan bekerja untuk mengukur kain dan membuat pola. Sedangkan, kakinya digunakan untuk menginjak pijakan mesin jahit. Energi otot adalah energi yang timbul saat otot berkontraksi. Tanpa energi otot maka mustahil seorang penjahit menyelesaikan baju yang sedang dibuatnya.

2. Energi Gerak

Energi selanjutnya yang dikeluarkan oleh penjahit adalah energi gerak. Ketika membuat baju, seorang penjahit tidak akan berhenti untuk menggerakkan kaki dan tangannya. Dimulai dari pengukuran kain, pembuatan pola, dan proses penjahitan. Maka dari itu, penjahit harus mengeluarkan energi gerak agar baju bisa selesai.

3. Energi Listrik

Ada juga penjahit yang mengeluarkan energi listrik agar mesin jahit bisa bekerja. Energi ini dikeluarkan ketika penjahit menggunakan mesin yang membutuhkan listrik. Sekarang ini hampir semua penjahit menggunakan mesin jahit listrik karena penggunaannya yang cukup mudah dan proses penjahitan baju lebih cepat selesai.

Dari Mana Energi Penjahit Berasal?

Energi otot dan energi gerak berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh penjahit saat sarapan pagi. Makanan itu akan diubah ke dalam energi kimia, kemudian berubah lagi menjadi energi otot, setelah itu akan berubah menjadi energi gerak. 

Sementara itu, energi listrik berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Energi ini ditransmisikan dari gardu induk PLN ke rumah-rumah pelanggan. PLN menghasilkan energi listrik dari hasil olahan air, angin, energi matahari, dan diesel.

Demikianlah penjelasan tentang Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
3+ Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment