Learn Science With Ilmusiana

3+ Alasan Mengapa Pemuda Bali Melakukan Perlawanan Terhadap Jepang

Tahukah kamu mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang? Sebagaimana yang diketahui, pemuda merupakan salah satu motor penggerak perlawanan terhadap penjajahan Jepang. Seluruh wilayah nusantara memiliki tokoh-tokoh pemuda yang secara gigih bangkit berjuang melawan Jepang pada zaman penjajahan.

Mengapa Pemuda Bali Melakukan Perlawanan Terhadap Jepang

Tak terkecuali Bali, wilayah yang dikenal dengan nama Pulau Dewata ini memiliki catatan sejarah heroik tentang perlawanan para pemuda terhadap tentara Jepang. Peristiwa tersebut terjadi beberapa bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Rakyat Bali terutama para pemudanya sangat jengkel karena tentara Jepang yang telah kalah perang, masih utuh di Pulau Dewata ini.

Jepang menunjukkan sikap seolah-olah masih berkuasa di bumi nusantara. Padahal, Indonesia telah merdeka, artinya Jepang tidak memiliki kedaulatan lagi di Indonesia. Inilah yang membuat pemuda Bali marah dan mengobarkan perang terhadap Jepang.

Lantas, mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang? Nah, di bawah ini kami akan menguraikan beberapa alasan mengapa sehingga pemuda Bali mengobarkan perlawanan terhadap Jepang. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kamu semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Alasan Pemuda Bali Melakukan Perlawanan Terhadap Jepang

Perlawanan pemuda Bali terhadap Jepang terjadi pada tanggal 13 Desember 1945. Ada tiga alasan mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang, antara lain sebagai berikut:

1. Jepang Tidak Mau Pergi dari Bali

Pemuda Bali menganggap bahwa Jepang sudah seharusnya angkat kaki dari wilayah Indonesia, termasuk Bali karena negara ini telah merdeka melalui proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Sikap Jepang yang tidak mau pergi dari Bali itu membuat para pemuda geram.

2. Tidak Mau Berunding dengan Pemuda

Awalnya, Pemuda Bali menempuh jalan damai. Pasukan Jepang yang tetap bercokol di Bali membuat para Pemuda Bali ingin berunding dengan Jepang. Namun, pasukan Jepang terus menghambat dan tegas menyatakan keengganan mereka. Pemuda Bali tambah geram dengan sikap Jepang ini.

3. Jepang Tidak Mau Mengakui Kedaulatan Indonesia

Pemuda Bali menilai bahwa sikap Jepang tersebut sebagai bentuk penolakan terhadap kedaulatan Indonesia. Para pemuda Bali pun menempuh jalan kekerasan dengan cara merebut tempat-tempat penting yang masih dikuasai Jepang. Terjadi pertempuran di berbagai tempat di Bali. Perjuangan pemuda Bali ketika itu belum berhasil karena kalah dalam persenjataan.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Pemuda Bali Melakukan Perlawanan Terhadap Jepang. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Alasan Mengapa Pemuda Bali Melakukan Perlawanan Terhadap Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment