Learn Science With Ilmusiana

3+ Perubahan Energi pada Baterai dan Aki (Jawaban)

Bisakah kamu sebutkan perubahan energi apa yang terjadi pada baterai dan aki? Sebagaimana yang diketahui, baterai dan aki adalah benda yang berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan berbagai jenis peralatan, seperti senter, handphone, jam, dan lain-lain. Bagian dalam baterai memungkinkan terjadinya penyimpanan energi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

perubahan energi pada baterai

Meskipun bentuknya berbeda-beda, tetapi fungsi utama baterai tetap sama saja yaitu sumber energi. Dengan adanya baterai, kita tidak memerlukan lagi kabel penghubung untuk mendapatkan energi. Peralatan bisa dibawa kemana saja keluar rumah. Ketahanan energi sebuah baterai tergantung seberapa besar kapasitas penyimpanannya.

Disadari atau tidak, pada sebuah baterai terjadi perubahan energi. Hasil perubahan itulah yang dimanfaatkan untuk menyalakan peralatan. Pada baterai terjadi perubahan energi dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. 

Lantas, apa perubahan energi yang terjadi pada baterai? Nah, uraian di bawah ini akan membantu kamu untuk menjawabnya. Kami akan menjelaskan seputar beberapa bentuk perubahan energi yang terjadi pada baterai dan aki. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kamu semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Perubahan Energi Pada Baterai dan Aki

Ada tiga perubahan energi yang terjadi pada baterai dan Aki, misalnya pada saat menyalakan senter atau mobil. Perubahan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Energi Kimia

Perubahan energi yang mula-mula terjadi pada sebuah baterai dan aki adalah energi kimia. Bagian dalam baterai tersusun dari bahan-bahan kimia yang bisa bereaksi satu sama lain. Ketika baterai dihubungkan dengan peralatan, terjadi reaksi kimia pada kedua kutubnya akibat perubahan elektrolit menjadi ion.

2. Energi Listrik

Setelah terbentuk ion, maka akan menghasilkan energi listrik. Jadi, perubahan energi selanjutnya pada baterai dan aki adalah energi listrik. Listrik inilah yang bisa dipakai sebagai sumber energi untuk menyalakan berbagai jenis peralatan. Handphone kamu bisa dinyalakan karena adanya energi listrik yang disediakan oleh baterai.

3. Energi Panas

Ketika baterai dan aki digunakan, di saat bersamaan akan timbul energi panas. Panas tersebut adalah hasil tambahan proses perubahan energi pada baterai atau aki. Itulah sebabnya ketika kamu membuka bagian belakang handphone dan menyentuh baterainya, kamu akan merasakan panas. 

Kesimpulan

Jadi, perubahan energi yang terjadi pada baterai dan aki adalah energi kimia menjadi energi listrik dan energi panas.

Demikianlah penjelasan tentang Perubahan Energi pada Baterai dan Aki. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Perubahan Energi pada Baterai dan Aki (Jawaban) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment