Learn Science With Ilmusiana

5+ Contoh Teks Negosiasi Penawaran (Terbaru)

Artikel ini akan memberikan contoh teks negosiasi penawaran dalam proses jual beli. Sebagaimana yang diketahui, tawar-menawar merupakan aktivitas yang sering dilakukan antara penjual dan pembeli. Tujuan akhir dari proses penawaran adalah untuk menghasilkan kesepakatan. Pada kegiatan jual beli, penjual akan mematok harga tertentu terhadap suatu produk, kemudian pembeli akan mengajukan harga baru sesuai dengan yang diinginkan.

Negosiasi Penawaran

Contoh Teks Negosiasi Penawaran

Di sinilah akan terjadi kegiatan tawar-menawar terhadap dua harga yang kemungkinan salah satunya akan disepakati oleh penjual dan pembeli. Namun, terkadang sering diambil jalan tengah di antara kedua harga tersebut. Biasanya, penjual akan menurunkan sedikit dari harga semula dan pembeli akan melakukan hal serupa, yaitu menaikkan sedikit dari harga yang ia minta.

Oleh karena itu, penawaran sering disebut sebagai inti dari sebuah negosiasi. Misalnya, ketika kamu membeli sepatu di pasar, kamu pasti akan melakukan penawaran terhadap harga sepatu tersebut agar bisa dibeli dengan harga yang lebih rendah. Namun, si penjual pasti akan berusaha menahan harga yang telah ia tetapkan semula. 

Satu hal yang perlu diingat adalah tujuan akhir dari proses tawar menawar adalah bukanlah tentang kalah menang soal harga. Melainkan, terjalinnya kesepakatan antara si penjual dan si pembeli. Artinya, penjual dan pembeli bisa legowo menerima harga suatu produk. Seperti apa bentuk teks negosiasi penawaran itu?
Yuk, berikut ini contohnya... 

Contoh Teks Negosiasi Penawaran

Berikut ini kami berikan lima contoh teks negosiasi penawaran yang bisa kalian jadikan panduan untuk membuat teks negosiasi selanjutnya:

Contoh 1 Teks Negosiasi Penawaran

Penjual: Mau beli apa dek? Silahkan di pilih dagangannya...
Andi: Iya nih Bang, aku lagi cari daging sapi
Penjual: Ini kebetulan daging segar-segar dek, baru sampai subuh tadi, belum kena freezer. Adek mau daging apa? Ayam atau sapi?
Andi: Daging sapi Bang
Penjual: Nah, ini silahkan dipilih, mau bagian mana? Paha? Iga?
Andi: Kalau iga sekilonya berapa Bang?
Penjual: 110 ribu dek
Wati: kalau paha?
Penjual: Daging paha 120 ribu dek sekilo.
Andi: Rencananya saya ambil daging paha 1 kg ditambah iga 2 kg. Tapi harganya boleh kurang kan bang?
Penjual: Gimana yah dek, harganya sudah segitu, untungnya juga cuman sedikit. Adek mau minta harga berapa
Andi: 300 ribu aja Bang semua
Penjual: Wah, gak nutup dek modalnya
Andi: Terus bisanya berapa Bang?
Penjual: Untuk total semuanya, gak apa-apa deh di bayar 340 ribu aja
Andi: Wah, kurangin dikit dong Bang, 310 ribu aja yah?
Penjual: Gimana yah dek, tambahin 10 ribu aja lagi, nanti abang langsung bungkuskan.
Andi: Oke deh Bang, aku setuju, jadi 320 ribu yah semua.
Penjual: Iya dek, bayar 320 ribu aja. 

Contoh 2 Teks Negosiasi Penawaran

Saya: Dimana kamu membeli tempat pensil itu? aku juga ingin membelinya
Dia: Ah tempat pensil ini hanya dijual di Jakarta, kakak aku yang mengirimkannya
Saya: Bisakah aku membeli milikmu saja?
Dia: harganya 150 ribu, kamu mau?
Saya: ayolah, kita kan berteman, 100 ribu saja ya, lagipula itu sudah pernah kamu pakai
Dia: tapi tempat pensil ini edisi terbatas, dan harganya memang begitu. 130 ribu sajalah
Saya: 110 ribu, langsung kubayar tunai
Dia: 120 ribu langsung kuberikan padamu
Saya: oke, aku setuju

Contoh 3 Teks Negosiasi Penawaran

Penjual:"Ayo silakan beli, silakan beli ikannya"
Pembeli:"Permisi Pak harga sekilo ikan ini berapa? (Sambil menunjuk ikan Bandeng)
Penjual:"30 ribu Bu harganya."
Pembeli:"Kalau harga ikan yang ini berapa Pak?"(Sambil menunjuk ikan Cakalang)
Penjual:"45 ribu Bu harganya."
Pembeli:"Kalau saya beli keduanya berapa Pak?"
Penjual:"Semuanya jadi 75 ribu Bu."
Pembeli:"Gimana kalau harga dua ikan ini 60 ribu aja?"
Penjual:"Waduh, gak bisa Bu, modalnya gak nutup"
Pembeli:"Saya tambahin jadi 63 ribu deh Pak, gimana?"
Penjual:"Aduh Bu, itu juga belum dapat. Gini aja, saya turunin 5 ribu deh Bu, jadi bayar 70 ribu aja"
Pembeli:"Baiklah Pak, segera bungkuskan, ini uangnya"(Sambil memberikan uangnya).
Penjual:"Iya Bu, terima kasih"

Contoh 4 Teks Negosiasi Penawaran

Pembeli: "Bang, sayur bayamnya berapa ya?"
Penjual: "Satu ikat 10 ribu Bu. Mau beli berapa ikat bu?"
Pembeli: "Rencananya saya mau beli 3 ikat Bang. Harga apa gak bisa kurang?"
Penjual: "Ibu mau minta berapa harganya?”
Pembeli: "20 ribu aja Bang untuk 3 ikatnya, gimana?"
Penjual: "Waduh, maaf untuk harga segitu kayaknya belum bisa. Saya turunin dikit deh, bayar 27 ribu aja"
Pembeli: "Segitu aja ah Bang, 20 ribu aja"
Penjual: "Gini aja deh bu, tambahin aja lagi 5 ribu, nanti saya langsung bungkuskan"
Pembeli: "Iya deh bang kalau gitu, jadi semuanya 25 ribu yah, bungkuskan Bang"
Penjual: "Baik Bu"

Contoh 5 Teks Negosiasi Penawaran

Pembeli: "Bu saya mau beli gitar ini, berapa harganya?"
Penjual: "Kalau gitar yang itu harganya 750 ribu nak."
Pembeli: "Harganya boleh kurang nggak bu?"
Penjual: "Hmmm, boleh. Mau nawar berapa nak?"
Pembeli: "600 ribu aja bu, gimana?"
Penjual: "Wah, harga segitu rasanya tidak bisa nak."
Pembeli: "Kalau 625 ribu?"
Penjual: "Naikin dikit nak, 650 ribu ibu lepas gitar ini."
Pembeli: "Iya deh bu, saya setuju, ini uangnya"

Demikianlah lima Contoh Teks Negosiasi Penawaran. Bagikan contoh ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Contoh Teks Negosiasi Penawaran (Terbaru) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment