Learn Science With Ilmusiana

Memilih Pompa Air untuk Sumur Bor 60 Meter

Pompa air apakah yang cocok untuk sumur bor dengan kedalaman 60 meter? Nah, artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap dan mendetail.

Memilih pompa air untuk sumur bor memang gampang-gampang susah, sebab harus memperhitungkan semua faktor-faktor yang berpengaruh.

Mulai dari diameter casing, debit semburan yang diinginkan, kedalaman sumur bor, dan tentu saja jangan lupakan besaran daya listrik yang tersedia.

Seringkali terjadi ukuran daya pompa air yang digunakan kekecilan dan tidak sesuai dengan kedalaman sumur bor, akibatnya debit aliran yang keluar juga kecil.

Kalau sudah begini, maka pemilik pasti akan membeli pompa air yang baru, artinya harus mengeluarkan uang lagi.

Olehnya itu, jika tidak ingin rugi seperti seperti di atas, maka sejak awal pilihlah pompa air yang tepat untuk sumur bor Anda.

Lantas, seperti apa pompa air yang cocok untuk sumur bor 60 meter? Baiklah, berikut ini penjelasannya...

Pompa Air untuk Sumur Bor 60 Meter

Pompa Air Sumur Bor 60 Meter

Untuk diketahui, pompa air yang cocok untuk sumur bor dengan kedalaman 60 meter adalah pompa celup submersible (sibel) dengan daya minimal 0,75 HP.

Dengan casing sumur 4 inch dan pipa keluar 1 - 1,25 inch, maka pompa ini mampu menghasilkan debit air sebesar 30 liter per menit atau 1,8 kubik per jam.

Debit pompa air 60 meter

1,8 kubik air itu sama dengan 2 tandon (toren) air berukuran 1000 liter, sehingga untuk kebutuhan rumah tangga debitnya sudah sangat memadai.

Pompa submersible 0,75 HP ini membutuhkan daya listrik sebesar 550 watt.

Namun, jika Anda tidak terkendala dengan ketersediaan daya listrik, maka lebih baik lagi jika menggunakan pompa air 1 HP.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan ukuran daya pompa di bawah 0,75 HP, misalnya 0,5 HP sebab dipastikan debit air yang dihasilkan akan kecil.

Sudah banyak yang mencoba menggunakan pompa 0,5 HP pada sumur bor 60 meter dengan alasan agar lebih hemat listrik, bisa dicek di YouTube review penggunaannya.

Tetapi kebanyakan merasa tidak puas dan akhirnya membeli pompa baru lagi. Malah, kalau dipikir-pikir lebih boros listrik karena pompa harus menyala lebih lama untuk mengisi tandon sampai penuh.

Ada bermacam-macam merk pompa celup submersible 0,75 HP di pasaran, seperti SANEI, INOTO, SHIMIZU, YORK, dan lain-lain.

Baca Juga: 

Soal merk, semuanya tergantung selera Anda saja, intinya adalah gunakan pompa celup submersible (sibel) minimal 0,75 HP. 

Kesimpulan

Jadi, pompa air yang cocok untuk sumur bor dengan kedalaman 60 meter adalah pompa celup submersible (sibel) dengan daya minimal 0,75 HP.

Demikianlah penjelasan tentang Pompa Air untuk Sumur Bor 60 Meter. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Memilih Pompa Air untuk Sumur Bor 60 Meter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment