Learn Science With Ilmusiana

Wanita Pendek Lebih Beresiko Berpenyakit Jantung

loading...
Advertisement

loading...


Penyakit jantung (heart disease) ternyata ada hubungannya dengan tinggi badan. Studi terbaru di Inggris menunjukkan bahwa wanita yang bertubuh pendek beresiko lebih besar untuk menderita penyakit jantung dibandingkan yang bertubuh tinggi. Studi dilakukan oleh tim peneliti dari Bristol University terhadap sekitar 4.000 wanita. Hasil studi yang dimuat di Jurnal Heart tersebut menyebutkan bahwa tinggi badan wanita berkaitan erat dengan resiko penyakit jantung.

wanita sakit jantung
Resiko terkena penyakit jantung menurun sebesar 20% untuk setiap pertambahan tinggi badan sebesar 2,5 inci. Resiko juga menurun sebesar 16% untuk setiap pertambahan panjang kaki sebesar 1,7 inci.

Walau studi dilakukan pada wanita, namun para peneliti percaya hasilnya akan berlaku juga untuk pria. Debbie Lawlor memimpin timnya melakukan studi terhadap wanita usia 60-79 tahun. Mereka mencatat tinggi tubuh dan panjang kaki para sukarelawan di masa muda dan tuanya.

Menurut Lawlor, tinggi tubuh wanita di kemudian hari amat ditentukan oleh pola makan dan seberapa intens terpapar asap rokok di masa mudanya.

"Hubungan panjang kaki dan penyakit jantung menunjukkan faktor resiko di masa muda ikut menentukan besar tidaknya kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung," kata Lawlor.

Demikianlah informasi tentang Wanita Pendek Lebih Beresiko Berpenyakit Jantung, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment